Pimpin Rapat Anev Ops Ketupat Salawaku, Kapolda: Berikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

AMBON (info-ambon.com)- Meski sudah masuk libur bersama, Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, hari ini masih memimpin rapat langsung satgas Operasi Ketupat Polda dan Para Kapolres jajaran.

Kapolda menekankan kepada seluruh personel agar dapat memberikan pelayanan prima kepada aktivitas masyarakat yang melaksanakan mudik hingga libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Penekanan tersebut disampaikan Kapolda kepada seluruh pimpinan Satker/Satwil maupun personel saat memimpin rapat analisa dan evaluasi (Anev) Operasi Ketupat Salawaku di Posko Ops Polda Maluku, Senin (8/4/2024).

“Tingkatkan koordinasi dengan TNI dan instansi terkait di Terminal, Pelabuhan dan Bandara untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,” pintanya.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga menekankan kepada seluruh jajarannya agar dapat meningkatkan kegiatan monitoring dan patroli terbuka ke tempat-tempat ibadah khususnya Masjid, pemukiman warga, tempat keramaian, tempat hiburan maupun tempat wisata.

“Lakukan pengawasan melekat terhadap anggota yang melaksanakan tugas baik yang tugas rutin atau operasi. Jangan meninggalkan Mako kosong atau Pos Pengamanan, Pos Pelayanan atau Pos Terpadu tanpa keterangan atau ijin Padalnya,” pinta Kapolda mengingatkan.

Seluruh personel juga diharapkan dapat membangun koordinasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan Para Raja/Kepala Desa untuk bersama-sama menjaga daerahnya masing-masing.

“Tingkatkan razia miras dan antisipasi masyarakat yang pulang kampung dan mengadakan pesta-pesta atau euforia yang berlebihan sehingga menyebabkan konfilk atau bentrok fisik antar negeri,” pintanya.

Kapolda juga menekankan kepada jajarannya agar dapat menangani setiap permasalahan secara persuasif dan humanis. “Namun bila membahayakan petugas atau masyarakat, tindak dengan tegas dan terukur sesuai dengan SOP,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para pejabat utama Polda, Kapolres/ta maupun seluruh personel karena situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Maluku terpantau aman dan kondusif.

“Saya yakin bahwa Para Kapolres/ta jajaran mampu dan mengetahui karakteristik baik itu ancaman dan gangguan maupun hal-hal yang perlu diantisipasi di daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Irjen Latif juga mengingatkan terkait beberapa kasus tawuran yang perlu diantisipasi di beberapa titik. “Perlu kita antisipasi juga pada saat malam Takbiran berkaitan dengan kejadian yang sudah pernah terjadi. Saya berharap ini menjadi antisipasi yang baik dalam rangka mendinamisasi kekuatan personel yang ada di lapangan,” harapnya.

Masyarakat juga dihimbau berhati hati dan tetap menjaga keselamatan masing-masing dan menjaga kamtibmas terus aman dan kondusif. (EVA)

Exit mobile version