Pilkades Serentak Direncanakan 7 Maret 2022

Desa Galala dan Latta akan Laksanakan Pilkades Secara E-Votting

Sosialisasi Pilkades serentak di Kota Ambon, Selasa.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak secara tentatif pada 7 Maret 2022 mendatang.

Pilkades serentak akan diikuti 8 Desa dan 1 Negeri, yakni Desa Wayame, Hunut Durian Patah, Waiheru, Nania, Negeri Lama, Latta, dan Galala, serta 1 negeri yakni Negeri Hative Kecil.

Dua Desa akan melaksanakan Pilkades secara Elektronik (E-Votting) yakni, Galala dan Latta.

Pilkades serentak dilaksanakan sesuai, peraturan Walikota Ambon Nomor 70 tahun 2021 tentang perubahan atas perwali No 50 Tahun 2021, tentang petunjuk teknis pelaksanaan Perda Nomor 12 tahun 2019 Pilkades serentak dan antar waktu.

Peraturan Walikota Ambon No 71 tahun 2021 tentang tata cara pelaksanaan pemungutan suara Pilkades secara elektronik.

“Alasan 2 Desa melaksanakan Pilkades secara elektronik, karena diukur dari jumlah Data Pemilih Tetap  (DPT) paling sedikit di antara desa negeri yang lain, sedangkan 7 desa yang lainnya dilaksanakan secara manual,” kata Walikota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan, Asisten 1 Pemkot Ambon, Eky Silooy,   pada sosialisasi Pilkades secara serentak Kota Ambon tahun 2022, di salah satu hotel Kota Ambon, Selasa (25/1/2022).

Dijelaskan, salah satu hal penting yang mendapatkan perhatian dalam pelaksanaan pemilihan adalah, mengenai keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan itu sendiri.

Selain itu, tujuan dari sosialisasi Pilkades ini untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan, juga untuk mempermudah dalam melaksanakan tahapan-tahapan Pilkades serentak tahun 2022.

Tentunya, tahapan Pemilu tersebut dapat berjalan dengan lancar, apabila kita semua telah mengetahui dan memahami aturan main dalam penyelenggaraan pemilu Pilkades serentak dengan baik dan benar, sehingga amanat rakyat untuk menyelenggarakan Pilkades serentak dapat kita laksanakan dengan semangat demokratif, jujur dan adil.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat koordinasi antara BPD sendiri dengan jajarannya dengan stakeholder selanjutnya sosialisasi ini memiliki sasaran utama agar penyelenggara dan masyarakat dapat membangun suasana demi terciptanya suasana, tertib dan aman.

Diketahui, sosialisasi Pilkades serentak di Kota Ambon diikuti oleh, Ketua Komisi 1 DPRD Kota Ambon, Para Camat, Anggota Saniri/BPD, RT/RW. (EVA)

Exit mobile version