Perpustakaan Mobile Pemkot Ambon segera Dioperasikan. Apa Saja Fasilitasnya?

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, P Pattiasina dengan latar belakang mobil perpustakaan keliling.-PJ-

AMBON(info-ambon.com)-Pemerintah Pusat (Pempus) memberikan sumbangan 1 unit Perpustakaan Keliling (mobile) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Hadiah ini sudah diterima dan kini terparkir manis di gedung balai kota.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Ambon, Petrus Pattiasina kepada info-ambon.com, Selasa (7/5/2019) menyebutkan, kendaraan ini dalam waktu dekat akan difungsikan.

Dikatakan, bukan pihaknya tidak mau mengoperasikan kendaraan itu, sejak didatangkan, namun pihaknya masih melengkapi fasilitas penunjang untuk keperluan masyarakat. Apa saja itu? Fasilitas penunjang utama untuk kendaraan itu adalah buku.

Menurutnya, buku yang dikirim dari Jakarta untuk mengisi mobil itu, masih dalam bentuk gelondongan, alias masih terpisah antara isi buku dan cover buku. Makanya, tugas pertama yang dilakukan pihaknya, adalah menata kembali buku-buku tersebut sesuai isi dan covernya. ‘’Karena jumlahnya sangat banyak, maka kami butuh waktu menyelesaikannya. Apalagi tenaga pengatur atau penata buku kurang,’’ katanya.

Kalau buku sudah ditata dan siap, maka segera akan diisi dan perpustakaan keliling sudah bisa dioperasikan di desa-desa, negeri serta kelurahan, serta tentunya prasarana pendidikan di Kota Ambon. ‘’Ya, di sekolah juga akan kita parkir kendaraan ini untuk menjadi konsumsi siswa,’’ akunya.

Lalu apa saja fasilitas lain yang dimiliki  Perpustakaan Mobile tersebut? Menurut Pattiasina, mobil ini punya fasilitas lengkap. Karena selain ratusan buku bacaan juga ada sarana udara yakni internet serta tentunya laptor.

‘’Jadi nanti selain bisa langsung membaca buku, pengguna perpustakaan keliling ini juga bisa mencari literasi lain yang mungkin saja tidak ada didalam mobil tersebut. Mereka bisa mencari buku lewat internet yang sudah ada di mobil tersebut,’’ terangnya.

Ia pastikan, beragam bahan bacaan bisa didapat melalui internet, sebab Perpustakaan Mobile ini menggunakan jaringan langsung dari satelit yang terkoneksi dengan Perpustakaan Nasional di Jakarta. ‘’Ini paket lengkap,’’ paparnya.

Dia berharap, dengan akan beroperasinya kendaraan ini dalam bulan Mei 2019 ini, tingkat partisipasi baca masyarakat di Kota Ambon baik di desa-desa maupun sekolah, bisa meningkat secara signifikan. (PJ)

Exit mobile version