Perpus dan Kearsipan Ambon Gelar Penyuluhan Kearsipan

Sekretaris Kota Ambon, A G Latuheru membuka kegiatan penyuluhan kearsipan di Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Guna meningkatkan kemampuan kearsipan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon menggelar Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan di Lingkungan Pemerintah/Swasta, bertempat di Marina Hotel, Kamis (25/7/2019).

Sambutan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang dibacakan, Sekertaris Kota Ambon, Anthony Gustav Latuheru menyampaikan, tujuan dari pada dilaksanakannya sosialisasi penyuluhan ini agar setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat melalukan perbaikan-perbaikan kembali, walaupun secara umum dapat dikatakan dari sisi pengelolaan kearsipan atau pengelolaan menajemen di Lingkup Pemerintah Kota Ambon sudah baik.

“Sosialisasi ini dilaksanakan juga agar setiap Pimpinan SKPD dan penanggung jawab kearsipan dapat meningkatkan kemampuan ilmunya,” kata Latuheru. Dikatakan, baru tiga Dinas di lingkup Pemkot Ambon yang baru masuk yakni, Dinas Perikanan dan Kelautan Ambon, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ambon, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ambon.

“Untuk masing-masing SKPD harus mempunyai satu orang yang dapat menangani kearsipan yang dapat disebut dengan Arsiparis, fungsional dibidangnya, dan untuk SKPD yang ” jelasnya.

Tak hanya itu, Latuheru juga meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon agar kedepannya dapat memiliki aplikasi, sehingga untuk proses mencari data ataupun dokumen yang dibutuhkan tidak terlalu susah, tidak lagi cari secara manual tetapi hanya dengan menekan satu tombol maka dokumen yang dibutuhkan sudah bisa terlihat.

 “Kita terus mencari upaya-upaya untuk perbaikan karena itu, saya tantang bagi teman-teman yang ikut pendidikan penjenjangan baik itu ditingkat empat maupun ditingkat tiga dapat mengusulkan atau membicarakan itu satu dalam proyek perubuhan, kalau dia bisa ciptakan salah satu proyek perubahan seperti itu merupakan nilai luar biasa kemungkinan dia bisa keluar sebagai pemenang pertama dipendidikan itu,” tutupnya. (EVA)

Exit mobile version