Pemkot Siapkan Rutong Ikut Apresiasi Desa Wisata Tingkat Nasional

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Ricko Hayat.

AMBON (info-ambon.com)-Sarat akan budaya, kuliner dan keindahan alam yang bisa disaksikan dan dinikmati, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan Negeri Rutong untuk mengikuti apresiasi desa wisata tingkat Kementeri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

“Kenapa kami memilih Negeri Rutong, karena sudah 2 kali menang API Award secara Nasional, juga urutan pertama desa adat di tahun 2022 lalu. Selain itu, kesiapan Negeri Rutong telah memenuhi kriteria yang ditetapkan ,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Ambon, Rico Hayat kepada wartawan di Ruang Kerjanya, Jumat (20/1/2023).

Dikatakan, apresiasi desa wisata di Indonesia, telah diikuti beberapa Kabupaten di Maluku. “Selama ini apresiasi desa wisata ini sudah diikuti Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), tetapi Kota Ambon belum, oleh karena itu, kita telah menyiakan Negeri Rutong,” jelas Hayat.

Lanjut Kadis, Rutong memenuhi kriteria desa wisata, lantaran memiliki sistem pengelolaan yang terintegrasi dengan ITE. “Pertama dari pengelolaannya sudah terintegrasi, kedua, sudah sistem pengembangan berbasis digitalisasi lalu dia punya perangkat-perangkat di dalamnya dia punya kuliner, budayanya dan lainya dan itulah yang jadi pendukung,” ungkap Hayat.

Ditambahkan, apalagi pada beberapa waktu lalu, pihak Negeri Rutong meluncurkan aplikasi dan program keuangan berbasis digital, itu menjadi satu apresiasi yang tinggi bagi mereka.

“Negeri Rutong berkembang pesat, hal ini telah menjadi bagian dari pengembangan Smart City dan dukungan bagi program inklusi keuangan, dimana Negeri Rutong dengan potensi yang dimiliki telah menjadi contoh bagi Desa/Negeri lainnya di kota Ambon,” akui Hayat. (EVA)

Exit mobile version