Pemkot Sambut Baik Open House Pelatihan Vokasi BPVP Ambon

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena saat memberikan sambutan pada acara Open House Pelatihan Vokasi dalam rangka Bulan Pelatihan Berbasis Kompetensi, yang dilaksanakan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)– Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyambut baik serta memberi apresiasi kegiatan Open House Pelatihan Vokasi dalam rangka Bulan Pelatihan Berbasis Kompetensi, yang dilaksanakan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Ambon.

Penjabat Wali Kota, Bodewin Wattimena mengatakan, open house vokasi bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat terkait keberadaaan dan fungsi serta tugas BPVP di Indonesia secara khususnya di Ambon yang merupakan bagian dari ekosistem pelatihan vokasi yajg ini bernilai penting dan strategis dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta penyediaan lapangan kerja.

“Pemkot Ambon sangat terbatas dalam penyediaan lapangan kerja, sehingga upaya itu tidak dapat dilakukan sendiri, namun butuh koordinasi dan kolaborasi semua pihak termasuk BPVP atau yang dulu kita kenal sebaga Balai Latihan Kerja (BLK),” katanya saat membuka kegiatan di BLK Negeri Passo, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon, Senin (17/10/2022).

Dijelaskan, salah satu jenis pelatihan yang patut diapresiasi adalah pelatihan UMKM. UMKM telah terbukti menjadi pilar ekonomi. Pemkot berupaya mengandeng semua pihak untuk memberikan ruang yang cukup bagi UMKM, bukan saja untuk meningkatkan produktivitas tapi juga untuk pemasaran.

“Kalau Pemerintah tidak memiliki keinginan baik itu maka percuma saja berharap UMKM akan bertumbuh, Pemkot Ambon sendiri memiliki program untuk mendukung UMKM, diantaranya inovasi Jiku Bata,” terang Wattimena.

Oleh karena itu, pihaknya berharap BPVP dapat membuka jenis pelatihan yang dapat mendukung sektor pariwisata di kota Ambon. Hal itu terkait dengan perilaku dan cara kita dalam menyambut dan memperlakukan tamu.

“Kota Ambon luar biasa dalam hotel, rumah makan dan rumah kopi yang menjadi primadona di kota ini, namun yang masih kurang adalah pelayanan yang diberikan kepada tamu, ini harus diperbaiki lewat pelatihan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPVP Ambon, As’adiya menambahkan, Open House pelatihan vokasi bertujuan mempromosikan dan memaksimalkan akses informasi dan memfasilitasi pemangku kepentingan baik pencari kerja dan pemberi kerja tentang pemberian pelatihan vokasi serta sumber daya pelatihan yang dimiliki.

“Kami mendukung pencapaian visi misi Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota ambon dalam mengurangi angka pengangguran lewat terserapnya tenaga kerja baik UMKM atau  perusaahan juga membantu dunia usaha dan industri mendapatkan tenaga kerja komptren dan sesuai dengan kebutuhan,” tutup dia. (EVA)

Exit mobile version