Pemkot Ambon Siapkan Anggaran Untuk Bangun Rumah Singgah

Pj Walikota Ambon, Bodewin Wattimena.

AMBON (info-ambon.com)- Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) sementara menyiapkan anggaran untuk membangun rumah singgah bagi Gelandangan Pengemis (Gepeng) dan anak jalanan di kawasan Negeri Passo, Kecamatan Teluk Ambon Baguala.

Pasalnya, hingga saat ini Pemkot belum memiliki rumah singgah untuk menampung para gepeng dan anak jalanan di Kota Ambon.

“Kita segera bangun rumah singgah di Negeri Passo, pembangunan itu di gedung Pemkot,” katanya kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (26/7/2023).

Dikatakan, pembangunan rumah singgah sebagai tempat penampungan gepeng dan anak jalanan itu, dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Dalam satu dua bulan ke depan kita sudah dipersiapkan untuk membangun rumah singgah ,” kata Pj Walikota.

Diakui, sudah berapa kali Pemkot Ambon, melakukan razia terhadap gepeng dan anak jalanan yang sering berkeliaran di Kota Ambon. Namun tidak ada efek jera, sebab, setelah razia mereka dibebaskan kembali, karena tidak ada tempat untuk menampung mereka.

“Kemarin kita sudah melakukan razia serta buat pernyataan dengan orang tua, bahkan sudah berkali-kali kita amankan dan kita bawa, sudah banyak kita buat razia setiap waktu, tapi karena memang kendala kita itu tidak punya lokasi penampungan,” tandas Walikota.

Diketahui, Dinas Sosial Kota Ambon telah mengusulkan pembangunan rumah singgah sejak tahun 2018 silam, dengan anggaran senilai Rp 2,8 Miliar termasuk operasional di tahun 2023 namun ditolak dengan alasan anggaran daerah tidak cukup. (EVA)

Exit mobile version