Pemkot Ambon Pastikan Revitalisasi RTP Wainitu Rampung Tahun ini

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Ambon, Rustam Simanjuntak.

AMBON (info-ambon.com)– Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Ambon, Rustam Simanjuntak memastikan pekerjaan revitalisasi pengembangan skala kawasan Ruang Terbuka Publik (RTP) Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, rampung tahun ini. Dimana, RTP Wainitu awalnya dirancang menelan anggaran sebesar Rp 15 Miliar. Hanya saja, dalam tahap finalisasi turun hingga tinggal Rp 11 Miliar.

“Kita targetkan RTP Wainitu yang dibiayai APBN lewat Balai Pengembangan Prasarana Infrastruktur Wilayah Maluku Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, selesai tahun 2022,”kata Kepala DPRKP Ambon, Rustam Simanjuntak, Rabu (9/3/2022).

Dikatakan, pihaknya optimis target pekerjaan tersebut selesai tahun ini. Hal itu dapat dilihat dari progres pembangunan yang saat ini ditangani oleh pengembang.

“Sejauh ini pihak pengembang sudah selesai membangun jembatan. Kemudian akses jalan telah dilakukan penimbunan hingga belakang pasar Wainitu,” jelas Simanjuntak.

Dijelaskan, lanjut Kadis, progres pembangunan yang dikerjakan multi years atau dua tahun anggaran itu, saat ini bisa dikatakan telah mencapai 55 hingga 60 persen.

Tujuan dan fungsi RTP Wainitu itu sangat banyak dan berguna bagi kepentingan masyarakat dan Kota Ambon di masa mendatang.

“Dan peruntukannya cukup besar diantaranya, untuk panggung musik yang menghadap kearah pantai dengan lahan parkir luas. Kemudian ada pula patung-patung musisi Kota Ambon-Maluku, serta lain sebagainya,”jelasnya.

Selain itu, ada pula dibuatkan Gazebo-Gazebo, untuk santai lepas penat dan bisa jadi tempat rekreasi, bagi keluarga serta arena olahraga yang representatif,” lanjut

Dalam proses pekerjaannya, sebagaimana komitmen awal saat peletakan batu pertama, pengembang harus memberdayakan masyarakat setempat untuk bekerja juga.

“Kita harap cuaca ke depan bagus, agar proses pekerjaan bisa selesai,”tandasnya. (EVA)

Exit mobile version