Pemkot Ambon Lakukan Kajian Benteng Viktoria

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kota Ambon, Enrico Matitaputty.

AMBON (info-ambon.com)–  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon saat ini sementara melakukan kajian Benteng Viktoria untuk proses revitalisasi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kota Ambon, Enrico Matitaputty mengatakan, dalam membuat pengkajian, Pemkot akan dibantu Pemerintah Pusat melalui Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI).

“Yang pasti, langkah awal kita akan buat kaijan. Karena kajian itu adalah pintu masuk. Kami (Pemkot) tidak sendiri, kami akan dibantu dari Dirjen Pendidikan dan Kebudayaan RI, ” terangnya kepada wartawan di Ambon, Sabtu (29/5/2021).

Menurutnya, proses pengkajian akan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan. Jika semua sudah siap, tim ahli segera melakukan pengkajian, agar ketika selesai sudah bisa masuk ke tahapan lanjutan.

“Nantinya dianggarkan di APBD perubahan dan tim ahli akan mengawal kita dan bantu kita secara teknis untuk buat kajiaan karena dengan kajian ini kita bisa masuk pada semua tahapan, apalagi semua data sudah dikantongi, ” ujar Matitaputty.

Selain itu, revitalisasi Benteng Victoria akan dibangun yakni, tempat ibadah, amphiteater dan ruang pertunjukan terbuka, open air museum dengan tipikal rumah Presiden, open space amusement, joging track, dan main entrance.

“Semua konsep bangunan ini kita sudah siapkan dan kami sudah bagikan dalam beberapa zona. Untuk main entrance sendiri itu ada dua yakni gerbang darat dan gerbang laut. Yang pasti kita akan upayakan ini segera selesai,” tandasnya.(EVA)

Exit mobile version