Pemkot Ambon Gelar Penilaian Internal EPPS Untuk Ukur Sektoral OPD

AMBON (info-ambon.com)- Guna mengukur pelaksanaan statistik sektoral Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Tim Penilai Internal Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buru Selatan melakukan Penilaian Interview tentang hasil Penilaian Pelaksanaan Statistik Sektoral.

Kepala Dinas Kominfo dan persandian Joy Adriaansz mengatakan, evaluasi Penyelengaraan Statistik Sektoral secara rutin dilakukan setiap tahun.

“Hasil Penilaian Internal telah direview oleh BPS Kabupaten Buru Selatan Selaku Tim Penilai Badan dan selanjutnya dilakukan visitasi di minggu kedua bulan Agustus 2023,” ungkap kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (7/8/2023).

Dikatakan, terdapat beberapa tahapan yang telah dilakukan penilaian EPSS di Kota Ambon diantaranya, sosialisasi EPSS dari BPS Kota Ambon, yakni, pembentukan Tim Penilai internal (TPI) EPSS Pemkot Ambon, Penentuan OPD sampel (dinas perikanan dan Disperdindag) untuk mengikuti EPSS dan Bimtek cara pengisian penilaian mandiri oleh BPS kota Ambon.

Selain itu, lanjut Adriaansz, dilakukan rapat penilaian mandiri TPI terkait penjelasan 38 indikator dan 5 domain EPSS, pengumpulan bukti dukung dari 2 OPD, verifikasi bukti dukung oleh TPI, pengisian penilaian di aplikasi SIMBATIK oleh operator tim, verifikasi data pengisian oleh supervisor dan Submit hasil penilaian mandiri.

“Dalam EPPS dilakukan penilaian mandiri; penilaian dokumen; penilaian interview serta penilaian visitasi. Penilaian interview dilakukan untuk meyakinkan validitas dan kesesuaian bukti dukung hasil penilaian mandiri, dimana dalam hal ini BPS Maluku melakukan sistem penilaian silang antar Kabupaten/Kota,” ujar Adriaansz.

Untuk diketahui, EPPS adalah suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Hadir dalam kegiatan, Kepala BPS Kabupaten Buru Selatan  Herthy. D. Soumokil, Kepala Diskominfosandi Kota Ambon Drs. Joy. R. Adriaansz, M.Si, serta dihadiri dua OPD selaku produsen data yaitu Dinas Perikanan dan Disperindag. (EVA)

Exit mobile version