Pemkot Ambon Gelar Pasar Murah Jelang Natal

Sekretaris Kota Ambon, Tonny Latuheru membuka dan sekaligus mengunjungi pasar murah bagi warga berpenghasilan rendah di kecamatan Baguala.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)– Jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar pasar murah bagi warga kota. Pasar murah ini merupakan event tahunan penting yang selalu dinanti-nantikan masyarakat karena membawa berkat tersendiri, apalagi ditengah-tengah persiapan masyarakat dalam menyongsong hari besar keagamaan tersebut.

Pasar murah yang digelar selama 3 hari di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, dan 3 hari di Tawiri. Awalnya pasar murah yang rencanakan digelar di Kawasan Kayu Putih, namun tidak ada lokasi sehingga Pemkot Ambon menyelenggarakannya di kawasan Passo.

Barang yang dijual tersebut, adalah barang yang disubsidi pemerintah, sehingga penjualan harga dibawah distributor seperti harga telur dijual Rp1.000 per butir, sementara harga di distributor saat ini Rp1.600, selain itu gula dijual Rp12.000/kg.

“Pasar murah ini diuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, juga menjadi  bagian dari upaya mewujudkan “Ambon Sejahtera”. Ambon yang sejahtera berawal dari penguatan ekonomi keluarga melalui pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang, menyediakan lapangan kerja yang cukup, membuka kesempatan kerja, sehingga dapat menurunkan tingkat pengangguran,” kata Sekertaris Kota Ambon, Anthony Gustav Latuheru dalam sambutannya membuka pasar murah itu, Senin (9/12/2019) di Passo.

Fakta dilapangan membuktikan bahwa terjadinya peningkatan komsumsi dan transaksi masyarakat terhadap berbagai kebutuhan pokok  sangat berdampak pada kelangkaan stok, dan kenaikan harga yang terkadangan sulit diperdiksi.

Dijelaskan, dalam antisiapasi kondisi tersebut, maka pasar murah merupakan salah satu program Pemerintah yang bersifa aksi demi menjaga ketahanan stok dan kestabilan harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat, model penanganan seperti ini dilakykan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dengan harapan dapat membantu menyelesaikan berbagai persoalan ekonomi masyarakat yang bersentuhan lansung dengan hayat hidup orang banyak yang berpengahasilan rendah.

“Pengalaman membuktikan bahwa kegiatan ini sangat diminati masyarakat terlebih masyarakat kecil, karena mereka merasa memiliki kemampuan untuk membeli berbagai kebutuhan pokok,”akui Sekot.

Diharapkan, melalui pasar murah ini, maka uluran tangan Pemkot dapat dirasakan oleh masyarakat kecil secara tidak lansung melalui subsidi harga barang pokok yang ditawarkan.

“Kami mengajak saudara-saudara sekalian, untuk kunjungi pasar murah, manfaatkan kesempatan ini dengan baik, sebab dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat kecil dalam rangka memasuki hari Natal 25 Desember 2019, dan tahun baru 1 Januari 2020,”ajak dia.(EVA)

Exit mobile version