Pemkot Ambon Canangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022

Pemkot Ambon mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Pencanangan dilakukan Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, di Kompleks Persekolahan Dasar ek P&K Kota Ambon, Sabtu.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)– Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). BIAN secara resmi dibuka oleh Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, yang dilaksanakan di Kompleks Persekolahan Dasar ek P&K Kota Ambon, Sabtu (28/5/2022).

Wattimena dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pencanangan BIAN tahun 2022, karena imunisasi merupakan upaya kesehatan yang aman, cost-effective dan berdampak besar dalam melindungi masyarakat dari berbagai penyakit menular berbahaya yang dapat dicegah dengan imunisasi. Namun, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar pada sistem kesehatan termasuk diantaranya program imunisasi rutin.

Jumlah anak yang akan divaksin sebanyak 57.496 anak, yakni, Balita sebanyak 16.608, anak usia 5-12 tahun sebanyak 40.888. Hal ini memerlukan kerja keras dan kerja cerdas dari kita sekalian, agar Ambon dapat bebas dari berbagai macam penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, terutama penyakit campak Rubella, yang sempat terjadi di Negeri Hative Kecil.

“Dalam tiga tahun terakhir ini, telah terjadi cukup cakupan imunisasi rutin yang penurunan signifikan, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan hal ini menyebabkan jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah banyak,” katanya.

Dijelaskan, dalam berkomitmen untuk mencapai Indonesia telah eliminasi campak dan rubella pada tahun 2023, sehingga penyakit strategi pencapaian eliminasi diperlukan campak dan rubella.

Oleh karena itu, lanjut Walikota, saya berharap dapat kepada mensosialisasikan kegiatan imunisasi ini masyarakat dan mendorong masyarakat untuk mengikuti program imunisasi, yang telah diprogram dan saat ini sedang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Kepada para Camat saya perintahkan untuk dapat menggerakkan aparat Pemerintah di wilayahnya, untuk mendorong semua anak yang berusia antara 9 bulan hingga di bawah 12 tahun untuk datang di pos-pos pelayanan imunisasi yang telah disediakan. Silahkan dikejar sampai ke RT/RW untuk memastikan semua anak mendapatkan imunisasi,” terang

Wattimena menambahkan, antigen vaksin yang di berikan pada saat bian (campak-rubella) adalah antigen yang berbeda dengan antigen vaksin Covid-19, untuk itu mari kita sama-sama mendukung pelaksanaan BIAN tahun 2022, dengan membawa anak usia 9 bulan sampai dengan di bawah 12 tahun untuk mendapatkan satu dosis imunisasi tambahan campak penyelenggaraan bulan rubella. Semoga dengan imunisasi BIAN ini bisa mewujudkan masa depan gemilang bagi generasi muda kita.

“Harapan saya kepada seluruh komponen birokrasi dalam lingkup Pemkot Ambon, jalin kerja sama yang baik, tingkatkan koordinasi dan sinergitas baik sesama OPD, maupun antara OPD dengan instansi vertikal dan swasta, serta seluruh komponen masyarakat agar kesejahteraan dan kemakmuran dapat terwujud di Kota Ambon,” demikian Penjabat Walikota. (EVA)

Exit mobile version