Pemkot Alokasikan Rp2,5 M untuk Kartu Ambon Sehat

Sekretaris Dinas Kesehatan kota Ambon, Roberth Chandra.

AMBON (info-ambon.com)- Sekretaris Dinas Kesehatan kota Ambon, Roberth Chandra mengatakan, di tahun 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengalokasikan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp2,5 miliar untuk Kartu Ambon Sehat (KAS).

“Tahun 2019 kan ada Rp2,5 miliar yang dialokasikan di APBD untuk 9.050 jiwa penerima KAD dan sampai sekarang ini kita sudah tercover sebanyak 9.030 jiwa tinggal sedikit saja untuk dapat kuota 9.050 itu,” ujarnya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu(21/8/2019).

KAS ini, lanjutnya, diberikan kepada warga Ambon yang kurang mampu, sehingga diharapkan penanganan kesehatan mereka bisa tertanggulangi dengan baik oleh tenaga dan fasilitas kesehatan yang ada.

Dijelaskan, untuk KAS tidak memiliki kartu tersendiri, hal ini dikarenakan pihaknya telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk KAS digabung dengan kartu JKN-KIS.

“Kalau yang BPJS punya itu kan ada dua sumber misalnya dari bantuan APBN secara nasional namanya PBI, selain itu ada masyarakat yang bayar sendiri, ada yang perusahaan yang membayar dan ada juga yang dibayar oleh pemerintah daerah yang termasuk didalamnya itu KAS. jadi KAS itu sudah masuk dalam BPJS dan tidak ada KAS punya kartu sendiri. kartunya sama dan kita kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk itu,”katanya.

Terkait data, Chandra menambahkan, data yang menjadi acuan masyarakat miskin yang ada di kota Ambon berasal dari Bappekot Litbang Kota Ambon yang berjumlah sebanyak 17 ribu jiwa. (EVA)

Exit mobile version