Pelni Perkirakan Lonjakan Penumpang di Ambon 23-24 Desember 2021

AMBON (info-ambon.com)- Menjelang perayaan hari raya Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022, jumlah penumpang dari dan ke Ambon mulai terlihat.

“Diprediksikan lonjakan penumpang akan terjadi di 23-24 Desember 2021, atau jelang Natal. Oleh karena itu, pihaknya telah malukan berbagai antisipasi dengan menggunakan sistem barcode saat pembelian tiket serta mengharuskan para calon penumpang memiliki aplikasi Peduli Lindungi,” jelas Kepala Pelni Cabang Ambon Ilhamda kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (22/12/2021).

Ilhamda menghimbau untuk para calon penumpang, agar sejak awal paling lambat sepekan sebelum jadwal keberangkatan untuk segera membeli tiket, sehingga idak terjadi penumpukan penumpang

“Akan ada 8 kapal penumpang yang masuk Ambon, dan 7 kapal perintis yang beroperasi mengangkut penumpang dari dan ke Ambon,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Status Hukum & Sertifikasi Kapal yang juga Pelaksana Harian Kepala Kantor KSOP Kls I Ambon Ferra J. Alfaris mengaku, lonjakan penumpang di pelabuhan Yosudarso Ambon diprediksikan bakal berlangsung jelang Natal yaitu di 23-24 Desember 2021.

“Oleh karena itu, kami sudah bangun posko Nataru di Pelabuhan Yosudarso Ambon dan Selamet Riadi. Itu sebagai antisipasi,” ungkapnya.

Selain itu, para penumpang juga diwajibkan vaksinasi tahap satu maupun tahap dua.

“Jadi kalau sebelum tanggal 24 Desember calon penumpang boleh menggunakan kartu vaksin tahap pertama, tapi diatas tanggal 24, wajib vaksinasi tahap dua. Bila tidak maka calon penumpang tersebut tidak diperbolehkan naik ke kapal,”jelasnya.

Selain vaksinasi, calon penumpang usia di atas 17 tahun, wajib tunjukan surat negatif rapid antigen 1×24 jam dan usia 17 tahun ke bawah, wajib PCR 3×24 jam.

“Kalau anak-anak sudah bukan antigen tapi PCR, sekalipun itu bayi,”tegas Ferra.

Dikatakan, sebanyak 12 kapal perintis, dan 11 kapal ferry yang terdiri dari 5 ferry pada lintasan Hunimua-Waipirit, 4 unit di pelabuhan Galala-Namlea, dan Ambon- Namrole serta Ambon- Banda-Tual masing -masing satu unit.

Itu disiapkan untuk melayani masyarakat di Provinsi Maluku jelang Natal 2021 dan tahun baru 2022. (EVA)

Exit mobile version