Pelni Ambon: Belum Ada Pelayaran Penumpang

AMBON (info-ambon.com)- Pelni Cabang Ambon mengakui hingga saat ini belum ada pelayaran penumpang untuk kapal penumpang miliknya. Manager Usaha PT Pelni Cabang Ambon, Robby Murnadi mengatakan, walaupun adanya kebijakan dari Pelni pusat tentang adanya pembukaan operasional kapal penumpang sebagai tindaklanjut dari instruksi pemerintah soal pelonggaran transportasi untuk pihaknya belum dapat dilakukan.

Untuk masalah tersebut hingga saat ini pihaknya masih mengikuti arahan dari gugus tugas covid 19 Provinsi Maluku yang membatasi adanya kapal maupun transportasi lainnya yang masuk ke Ambon dengan membawa penumpang.

Dan dari arahan gugus tugas provinsi Maluku Ambon hingga saat ini belum diiziinkan untuk adanya pemberlakuan tersebut. “Iya mengikuti aturan dari tim gugus covid-19 dan sementara ini Ambon belum diizinkan,” ujarnya kepada wartawan via seluler, Senin (11/5/2020).

Masyarakat dihimbau, untuk tetap di rumah saja karena belum ada pelayaran yang dilakukan dengan melibatkan penumpang didalamnya. Tak hanya itu, pihaknya juga tidak lagi menjual tiket kapal karena belum ada satu kapal yang diijinkan membawa penumpang untuk berlayar ke daerah lainnya. “Kita tidak menjual tiket karena tidak ada kapal yang membawa penumpang yakni masyarakat biasa,” tuturnya.

Diakui, saat ini kapal yang masuk ke Ambon juga merupakan kapal dengan muatan logistik untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat yang ada di Ambon dan sekitarnya. Namun untuk pelayaran penumpang dengan adanya kebijakan dari pusat, pihaknya akan tetap mengikuti arahan dari pemerintah setempat.

Dari kebijakan pusat tersebut memang ada persyaratan yang diberikan yakni semua penumpang diharuskan mengikuti rapid test untuk memastikan penumpang aman dan sehat dalam kapal. Karena penumpang berada di dalam kapal biasanya lebih lama dan berkontak dengan masyarakat lainnya maupun abk kapal yang ada. (IA-EVA)

Exit mobile version