Peduli Kesehatan, Danlantamal IX Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Warga Lumoli

AMBON (info-ambon.com)- Peduli kesehatan di Maluku, Danlantamal IX Ambon melakukan bakti kesehatan bagi warna negeri Lumoli, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Selasa (19/3/2024).

Bhakti kesehatan yang dilaksanakan oleh Lantamal IX dipimpin oleh Letkol Laut (K) dr. Imam Suhada, SpS. Kepala Rumah Sakit dr. FX. Soeharjo Lantamal IX , tenaga medis 1 orang, dokter spesialis 3 orang, dokter umum dan 6 orang para medis.

Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Dr. Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla menyampaikan, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Lantamal IX Ambon menggelar Bhakti Kesehatan.

“Bhakti Kesehatan merupakan salah satu wujud komitmen TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal IX untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemeriksaan kesehatan gratis oleh tenaga kesehatan Rumkital dr. FX Suhardjo Lantamal IX Ambon. Dalam kesempatan ini masyarakat Negeri Lumoli juga melakukan pemeriksaan kesehatan umum dan pemberian obat,” katanya.

Latuconsina menyebutkan, Bhakti Kesehatan yang digelar ini merupakan sarana skrining kesehatan untuk mendeteksi penyakit secara dini sehingga tidak terlambat apabila diperlukan penanganan lebih lanjut.

“Dalam skrining yang dilakukan, penyakit yang banyak ditemukan adalah penyakit kulit, kelainan otot, ISPA, hipertensi, dan stroke,” akuinya.

Pihaknya, telah berencana kegiatan Bhakti Kesehatan ini akan terus dilakukan, guna menjangkau daerah-daerah yang akses fasilitas kesehatan kurang terjangkau atau kurang memadai.

“Bakti kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli dengan status kesehatannya,” tutup dia. (EVA)

Exit mobile version