Pasar Minggu Passo Dipercantik

Rumah baru bagi pedagang di Pasar Minggu-Passo.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)– Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mempercantik Pasar Minggu, Passo Kecamatan Teluk Ambon Baguala menjadi lapak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Saat ini, sesuai pantauan info-ambon.com, Jumat (13/1/2022) lokasi pasar itu sudah berubah total. Bangunan semi permanen dengan lantai yang dihiasi cat, memperindah lokasi yang pernah dijadikan tempat pembuangan sampah tersebut.

Lokasi pasar Minggu ini juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena meninjau lokasi itu Jumat lalu. Disana dia sampaikan, lapak-lapak itu dibangun setelah Pemkot Ambon melakukan penertiban sampah pada lokasi tersebut.

“Dengan adanya lapak-lapak ini, minimal area bisa kita jaga agar tidak lagi jadi tempat pembuangan sampah. Sehingga kita bisa memberikan tempat bagi para pelaku UMKM untuk menjual barang dagangan mereka,” jelasnya.

Pemkot Ambon menurutnya, tidak akan menarik retribusi dari lapak-lapak tersebut. Karena lokasi itu merupakan tanah milik warga Negeri Passo. “Lapak ini kita bangun diatas tanah milik keluarga disini. Jadi Pemkot tidak menarik retribusi, tapi nanti pelaku UMKM yang berjualan disini wajib memberikan sedikit untuk pemilik tanah saja, minimal sehari Rp. 5000 per pedagang. Jadi pedagang yang berjualan disini akan dikoordinir oleh Pemerintah Negeri Passo,” terangnya.

Dijelaskan, pembangunan 8 lapak berukuran 3×3 ini, menghabiskan anggaran Rp.100 juta lebih.

Selain itu Wattimena berharap, pelaku UMKM yang nantinya menempati lapak tersebut merupakan warga Kota Ambon. “Saya harap pelaku UMKM yang nanti berjualan rujak ataupun gorengan disini merupakan warga Kota Ambon, karena ini kita buat agar dapat meningkatkan pendapat bagi mereka,” pungkasnya. (EVA)

Exit mobile version