Pangdam Pattimura Cek Kesiapan Jajarannya Jelang Pemilu 2024

AMBON (info-ambon.com)- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial PSC., M.Tr.(Han)., mengecek kesiapan jajarannya jelang Pemilu 2024. Hal tersebut, dilakukan dengan memberikan jam Pimpinan via video conference (Vicon) kepada Komandan Satuan (Dansat) Kodam XVI/Pattimura, bertempat di Ruang Vicon Puskodalopsdam XVI/Pattimura, Ambon, Selasa (13/02/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam mengatakan, tugas TNI dalam pemantauan Pengamanan (Pam) Pemilu adalah perbantuan kepada Polri dalam rangka Kamtibmas dengan TNI sebagai pendukung utama untuk mem-backup Polri. Tugas ini hendaknya diimplementasikan melalui pendekatan secara tegas namun humanis.

Pangdam menekankan kepada Satuan Kowil (Satkowil) seperti, Kodim hingga Koramil bertanggungjawab atas pengamanan semua tahapan Pemilu di wilayahnya, terlibat langsung dalam ketertiban pelaksanaan tahapan Pemilu dan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait.

Selain itu jelas Pangdam, Satuan Tempur (Satpur) dan Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) melaksanakan siaga di Satuannya, siap digerakkan kapanpun untuk membantu Satkowil dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu. Sementara itu, Balakdam melaksanakan standby on call di Satuan sebagai pasukan cadangan dan memberikan pelayanan apabila dibutuhkan sesuai tugasnya masing-masing.

“Kepada petugas di lapangan, jangan lupa mempedomani aturan pelibatan TNI membantu Polri dalam rangka tugas Kamtibmas, sesuai dengan Keputusan Panglima TNI Nomor KEP/1068/XII/2020 tanggal 20 Desember 2020”, jelas Pangdam.

Diakhir Vicon, Pangdam menegaskan, netralitas TNI selama Pemilu merupakan harga mutlak. Tidak lupa, Pangdam menekankan kepada seluruh anggota untuk bekerja keras, cerdas, dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya. (EVA)

Exit mobile version