Paays: Bantuan Korban Bencana Tahun 2013 Tuntas Tahun Ini

Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays.-dok-

AMBON (info-ambon.com)-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sudah menganggarkan bantuan bagi korban bencana tahun 2013 yang ada di kota Ambon. Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paais mengatakan, pihaknya sudah rapat dan melakukan pembahasan dengan DPRD Kota Ambon untuk masalah anggaran terhadap bantuan korban bencana 2013.

 “Kan sudah rapat dan pembahasan dengan DPRD kemarin bersama-sama dengan tim anggaran dan sudah di usulkan untuk di akomodir itu di perubahan dalam tahun 2019,” ujarnya di Ambon, Kamis (25/7/2019).

Menurutnya, untuk korban bantuan bencana 2013 yang belum terakomodir berjumlah 153 KK sedangkan yang sudah terakomodir sebanyak 77 KK. “Jadi yang sisa itu ada 153 KK yang belum terlayani korban bencana 2013 yang baru layani itu kan 77 KK sisanya 153,” tutur dia.

Untuk 77 KK tersebut sudah terakomodir tahap I dan saat ini juga pihaknya sedang mengusahakan untuk dapat terakomodir tahap II. Dan untuk tahap II tersebut akan diusahakan untuk diterima dalam tahun ini. Sedangkan untuk 153 KK yang sama sekali belum terakomodir akan diusahakan dalam tahun ini. Tapi dibagi dalam beberapa tahap karena anggaran belum tentu mencukupi.

 “77 ini untuk tahap ke 1 dan kedua yang ini sedang kita usahakan kalau tidak dalam beberapa tahap kalau tidak selesai dalam tahun ini berarti 2020,” tambah dia. Ditambahkan, untuk bantuan yang diberikan kepada korban bencana tahun 2013 sendiri bertahap karena harus disesuaikan dengan anggaran dari daerah. Pasalnya, untuk bantuan tersebut berasal dari APBD.

“Tergantung dari kemampuan daerah dan 153 ini juga di anggarkan.153 itu masuk dalam tahap ini dan semua itu tergantung keuangan daerah kalau keuangan daerah itu mampu untuk layani 153 itu sekaligus tapi kalau tidak bisa akan bertahap,” terang dia. Dikatakan bantuan yang diberikan untuk tahap II dan 153 KK yang sama sekali belum terakomodir tersebut mencapai Rp 3 Miliar lebih. “Sisa itu 3,850 juta itu dari APBD dan sudah dianggarkan kemarin dengan pembahasan dengan DPRD,” tutup dia.(EVA)

Exit mobile version