Oknum Pegawai Dishub Minta Maaf Kepada Pedagang Ikan di Pasar Mardika

Mediasi damai oknum Dishub Ambon dan pedagang ikan Pasar Mardika Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Chalid Marasabessy meminta maaf kejadian yang dilakukan kepada pedagang ikan Vanessa Louhenapessy di Pasar Mardika kota Ambon, Rabu 30 Maret 2022 kemarin.

Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse juga hadir dan memediasi langsung pertemuan korban dan pelaku itu.

“Bagamaiman orang tendang kita jualan. Saya tidak lihat salah benarnya. Saya lihat perlakukan yang tidak saya sukai,” kata Agus tegas kepada salah satu Petugas Dishub Chalid Marasabessy di Unit Layanan Administrasi (ULA), Kamis (31/3/2022).

Tindakan menendang dinilai sangat keliru terhadap penjual. Apalagi dia amat menyesalkan aksi itu terjadi saat sedang bertugas dan mengenakan pakaian dinas.

Saat memberi penjelasan Agus menekankan bukan pada salah dan benar. Dia memaklumi jika ada kesalahan dari pedagang yang berjual di badan jalan juga pendekatan yang sangat destruktif yang dipakai pihak dishub kota Ambon.

“Kalau ada salah. Seandainya itu terjadi buat keluarga kita lalu mereka nonton. Hati kita bagaimana. Oleh karena itu jang perlakukan orang kecil seperti itu,”tandas Sekkot.

Sementara itu, dalam mediasi tersebut, pedagang ikan pasar Mardika Vanessa merasa kaget dengan kejadian penendang bahkan sampai viral di media sosial. Hal inilah yang kembali diingatkan oleh Sekkot, bahwa setiap herak gerik orang sangat mudah terekam dan disebarluaskan.

“Beta juga kaget bisa sampai begitu (viral),” ucapnya dengan suara sedikit bergetar. Sementara sang ayah yang duduk tepat di sebelah Chalid terlihat mengepalkan tangan sambil menahan air mata dan rasa haru saat sekkot berbicara memberi penjelasan dan nasihat kepada mereka.

Sejatinya ada banyak pendekatan humanis persuasif dalam berkomunikasi yang dapat digunakan oleh para ASN. Agus jelas tidak membenarkan sikap itu. Dan memberikan peringatan keras jika kejadian itu terulang.

Namun berkat pertemuan mendengarkan pengakuan serta permintaan maaf langsung, semua berkahir tenang, saling memaafkan dan damai.

Pegawai dishub menendang loyang berisi ikan hingga sebagian terbuai ke jalan. Lalu mengepalkan tangan di hadapan wajah Vanessa sambil mengancam memukulnya.

Kadishub mempertemukan kedua belah pihak untuk mendengar langsung peristiwa yang terjadi di Pasar Mardika. Chalid, pegawai lingkup Dishub itupun meminta maaf dan mengaku perbuatannya yang telah menendang loyang berisi ikan. (EVA)

Exit mobile version