Musim Pancaroba, Dinkes Himbau Warga Antisipasi DBD

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg Wendy Pelupessy.

AMBON (info-ambon.com)- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy menghimbau kepada pihaknya untuk tetap mengantisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), sesuai protokol yang sudah ditetapkan. “Baru awal bulan, tetapi kita harus bisa mengantisipasi dengan tetap puskesmas memberikan penyeluhan-penyeluhan, ” ungkapnya, kepada sejumlah wartawan di Balaikota, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Wendy, berada dalam musim pancaroba. Dimana, cuaca seperti itu, bisa mengakibatkan perkembang biak DBD. Untuk itu, selain pihaknya, warga juga harus bisa mengantisipasi DBD. “Kondisi ini yang memungkinkan mudahnya berkembang biaknya jentik nyamuk demam berdarah itu sendiri. Oleh karena itu, masyarakat tetap dihimbau untuk tetap kita melakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), ” ujarnya.

Selain itu, Ia mengatakan, PHBS bukan saja untuk mencegah penyakit DBD. Tetapi, bisa juga buat menekan tingkat penyebaran Covid-19. Apabila warga bisa patuh dengan ini, sambung dia, maka segala penyakit kemungkinan bisa terhindar. “PHBS juga didalamnya PHBS terhadap Covid-19 begitu. Pembersihan lingkungan dengan melakukan 3M. Tetap menutup benda-benda yang tidak dipakai. Kemudian kita bisa melakukan keberhasilan dengan lebih baik, ” ungkapnya.

Untuk itu, Pelupessy berharap dengan kondisi warga yang sementara prefer dengan Covid-19, bisa mencegah terjadinya DBD di Kota Ambon. “Mudah-mudahan dengan kondisi masyarakat yang semakin prefer dengan kondisi Covid-19. Dengan perilaku hidup bersih dan sehat ini juga bisa menekan angka terjadinya demam berdarah itu sendiri, ” tandasnya. (EVA)

Exit mobile version