MPK Indonesia Gelar Lokakarya Bagi Guru PAUD Intensif Ambon

Majelis Pendidikan Kristen (MPK) Indonesia menggelar lokakarya Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) intensif Kota Ambon, Jumat.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- Majelis Pendidikan Kristen (MPK) Indonesia menggelar lokakarya Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) intensif Kota Ambon melalui Program Organisasi Penggerak (POP) tahun 2023. Terselenggara lokakarya atas kerja sama Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia melalui Task Force PAUD, MPKW Maluku, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan Dinas Pendidikan Kota Ambon.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Edy Tasso ditandai dengan pemukulan tifa yang dilaksanakan selama tiga hari, yakni, 4-6 Mei 2023 di salah satu hotel di Kota Ambon, Jumat (5/4/2023).

Sekertaris Musyawarah Pendidikan Kristen Wilayah (MPKW), Wem Papilaya menyampaikan, lokakarya dilaksanakan bertujuan untuk bagaimana mempersiapkan para guru guna meningkatkan kompetensi dalam belajar mengajar, sesuai kebutuhan pendidikan dan dirasa perlu pelaksanaan kurikulum merdeka dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan yang merupakan kebutuhan pendidikan nasional.

“Memang kamu sadar sungguh bahwa pendidikan lebih penting, sebagai tempat yang paling dibutuhkan dalam mencerdaskan bangsa. Kegiatan ini merupakan sebuah dasar bagi guru PAUD dan TK yang mempunyai tugas paling mulia,” katanya.

Papilaya mengharapkan, melalui lokakarya ini, para guru mempunyai pedoman serta pegangan yang betul-betul sangat praktis dalam mencoba menerapkan salah satu Mata pelajaran dalam langka-langka yang diperlukan. Oleh karena itu, pihaknya berterima kasih kepada MPK yang telah melaksanakan lokakarya, karena menjadi mata rantai yang akan dikembangkan, dukungan dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai guru.

“Saya berharap dapat meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di bidang literasi, numerasi, dan penguatan pendidikan karakter peserta didik,” demikian Papilaya.

Dalam lokakarya juga pemaparan materi tentang kebijakan Dinas Pendidikan Kota Ambon mengenai Pendidikan Anak Usia Dini. Secara garis besar, strategi penataan kelembagaan menuju PAUD berkualitas meliputi peningkatan SDM PTK, pengelolaan lembaga dan sumber daya, kemitraan orang tua, dan PAUD HI.

Diketahui, kegiatan Lokakarya Guru PAUD Intensif Kota Ambon terdiri atas kepala sekolah dan guru yang berasal dari lima sekolah Kristen di bawah anggota MPK, yaitu, TK Kristen Kalam Kudus Ambon, TK Ciarylene, TK Urimessing TK Sejahtera, TK Kristen Passo. (EVA)

Exit mobile version