Mensos RI Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Maluku

Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara.

TULEHU (info-ambon.com)-Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara menyerahkan bantuan tahap ke II kepada korban gempa 26 September 2019 di Maluku dengan. Total bantuan yang diserahkan Mensos senilai Rp. 1.755.057.932 penyerahan secara simbolis kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku serta perwakilan korban gempa.

Bantuan terdiri dari bantuan logistik tahap dua senilai Rp. 195.057.932, 2.000 paket sembako senilai 500 juta, dan santunan kematian bagi 4 ahli waris masing-masing 15 juta.

Mensos menyatakan, bantuan yang diberikan ini bisa meringankan beban korban terdampak gempa saat ini.

“Kita berharap kondisi transisi daruratnya bisa segera berakhir sehingga masyarakat bisa kembali ke tempat masing-masing serta pemulihan agar dapat menjalankan kehidupan seperti biasa,”jelasnya kepada wartawan di lokasi pengungsian, Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (28/11/2019).

Disebutkan, untuk masa tanggap darurat hal itu tergantung Pemerintah Provinsi yang menentukan, karena itu kewenangan pemerintah setempat.

“Hingga saat ini masih tanggap darurat, itu hak Pemerintah Provinsi yang tentukan, agar saat masa pemulihan bantuan-bantuan seperti jaminan hidup dan sebagainya yang sifatnya dana bisa kita turunkan,”tandasnya.

Sementara itu, Ketika ditanya terkait apakah bantuan yang diserahkan tersebut akan didistribusikan ke tiga wilayah terdampak gempa di Maluku.

“Untuk kota tadi juga kita salurkan lewat GMNI  pada saat kongres tadi,” tutup mensos.(EVA)

Exit mobile version