Mendagri: Kota Ambon Urutan Pertama Antibodi Covid-19 Terbagus di Indonesia

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

JAKARTA(info-ambon.com)- Kota Ambon, Provinsi Maluku, menempati urutan teratas wilayah dengan masyarakat yang antibodi COVID-19-nya terbagus di Indonesia. Hasil itu didasari hasil sero survei yang dilakukan peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

“Kota Ambon dengan 234 sampel hasilnya 96,9 persen,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, pecan lalu seperti dilansir detiknews.com

Dia mengatakan survei tersebut dilakukan di 100 kabupaten/kota di Indonesia, baik di wilayah aglomerasi maupun non-aglomerasi. Hasilnya, ditemukan 86,6 persen populasi sudah memiliki antibodi COVID-19.

“Dari hasil sero survei yang dilaksanakan oleh Kemenkes dan Kemendagri di 100 kabupaten/kota wilayah aglomerasi dan non-aglomerasi yang sudah memiliki antibodi, baik karena vaksinasi, infeksi, atau karena dua-duanya, itu lebih kurang per Desember 2021 86,6 persen dari populasi kita,” jelas Tito.

“Dan mungkin di Bulan Maret sudah naik lagi. Tapi nanti akan dilakukan sero survei berikutnya oleh Menkes secara reguler,” lanjutnya.

Menurut Tito, 100 dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia ini sudah cukup representatif untuk mewakili populasi.

Berikut estimasi proporsi penduduk di 100 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki antibodi SARS-CoV-2:

Maluku

Tertinggi

– Kota Ambon dengan 234 sampel: 96,9 persen

Terendah

– Seram Bagian Timur dengan 59 sampel: 76,4 persen.(*/PJ)

Exit mobile version