Manfaat Kurma dengan Banyak Kandungan yang Baik untuk Tubuh

MANFAAT kurma sangat banyak untuk kesehatan, sehingga tidak jarang sebagian besar orang membeli banyak untuk stok. Rasa buah kurma yang manis memang menjadi salah satu pilihan cocok dan menyehatkan.

Berikut inilah beberapa manfaat dari buah kurma yang bisa kamu ketahui:

1.   Memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh

Kadar kalori pada buah kurma yang sudah dikeringkan sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah yang lain. Kalori pada buah kurma sangat mirip dengan kismis maupun buah ara yang banyak mengandung karbohidrat.

Kandungan yang lainnya berupa protein tinggi meskipun tinggi kalor juga. Kurma mempunyai kandungan vitamin dan juga mineral  yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2.   Mencegah terjadinya penyakit kronis

Manfaat mengkonsumsi kurma setiap hari bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Seperti halnya penyakit kanker, diabetes, jantung dan penyakit kronis lainnya.

Hal ini berkat dari tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh buah kurma. Sehingga jangan bosan untuk konsumsi buah kurma secara rutin karena banyak manfaat untuk tubuh.

3.   Melancarkan sistem pencernaan

Tidak hanya buah pepaya saja yang bisa melancarkan pencernaan, buah kurma pun juga bisa melancarkan pencernaan. Kurma mempunyai serta hingga 7 gram dengan porsi 3.5 ons, kamu bisa mengkonsumsinya untuk diet harian.

Serat yang ada pada kandungan kurma ini mampu mencegah terjadinya konstipasi serta bisa membuat gerakan usus besar menjadi teratur. Terlebih dalam pembentukan feses agar lebih padat dan lunak.

4.   Membantu melancarkan saat proses persalinan secara normal

Kurma sangat diminati oleh kebanyakan ibu hamil agar proses persalinan nantinya menjadi lebih lancar. Biasanya para ibu hamil menjelang waktu melahirkan akan mengkonsumi kurma supaya tidak ada kendala ketika proses persalinan secara normal.

Efek yang dihasilkan dengan mengkonsumsi kurma adalah bagian leher rahim bisa melebar. Sehingga nantinya induksi tidak perlu dilakukan lagi untuk persalinan normal.

5.   Menstabilkan gula darah

Rasa manis yang dihasilkan oleh buah kurma bisa menggantikan gula putih. Tidak hanya bisa menghasilkan rasa manis, kurma juga mempunyai nutrisi, antioksidan dan serat.

Selain itu buah kurma yang menghasilkan rasa manis ini juga bagus untuk kesehatan tulang. Kelebihan yang paling terlihat adalah untuk mengatur gula darah.

6.   Manfaat kurma untuk menu tambahan ketika diet

Kurma bisa dikonsumsi secara langsung maupun dikombinasikan dengan makanan sehat lain. Seperti halnya kacang, smoothies, almond, oatmeal ataupun adonan biskuit.

Sehingga kamu tidak akan merasa bosan untuk konsumi buah kurma setiap hari mengingat bisa ditambahkan dengan campuran makanan lain. Kamu bisa menyesuaikan dengan selera mood pada makanan.

7.   Sebagai pelindung tubuh dari terjadinya peradangan

Melindungi tubuh dari terjadinya peradangan membutuhkan makanan yang mengandung antioksidan cukup. Dengan begitu kamu harus mengkonsumsi makanan yang ada polifenolnya.

Salah satunya buah kurma yang banyak mengandung polifenol dibandingkan dengan buah lain. Dengan begitu kamu tidak perlu membutuhkan cara yang rumit untuk melindungi peradangan pada tubuh.

8.   Mencegah terjadinya anemia

Manfaat kurma yang lainnya adalah sebagai pencegah anemia. Karena mengkonsumsi buah kurma tidak akan mudah lelah dan pucat yang disebabkan oleh penyakit anemia.

Dengan kamu mengkonsumsi buah kurma setiap hari akan meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh. Sehingga kecil kemungkinan untuk kamu terkena anemia.

Demikianlah beberapa uraian tentang manfaat kurma sebagai buah nabi yang mempunyai rasa manis dan menyehatkan. Tidak akan rugi untuk kamu mengkonsumsi buah kurma setiap hari karena kaya akan manfaat dan kandungan di dalamnya.

Exit mobile version