Maluku, Provinsi Pertama di Intim yang Punya Duta Parenting

Duta parenting Maluku, Ny Widya Murad Ismail.-dok-

AMBON(info-ambon.com)-Maluku, adalah provinsi pertama di Indonesia Timur yang memiliki Duta Parenting. Pengakuan itu disampaikan, Regional Koordinator Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Andi Irfanji saat berkunjung ke Ambon pecan lalu.

“Saya beberapa kali keliling Indonesia Timur, baru kali ini ada Duta Parenting dan Provinsi Maluku. Saya baru dari Gorontalo, di sana tidak ada yang namanya Duta Parenting. Untuk Indoensia Timur, baru ada di Provinsi Maluku. Di provinsi lain, bahkan seperti Sulawesi Selatan saja baru sebatas Bunda PAUD,” kata Irfanji.

Dia juga mengapresiasi program dan kerja-kerja konkrit istri Gubernur Maluku, Widya Murad Ismail, karena menjadikan Maluku sebagai provinsi pertama di Indonesia Timur yang memiliki Duta Parenting.

Dia menyampaikan, bulan November 2018 lalu, Pemerintah Pusat mencanangkan program pencegahan dan penanganan stunting, sekaligus menetapkan 100 kabupaten prioritas untuk ditangani. Tahun 2019, Pemerintah Pusat menambah jumlahnya menjadi 160 kabupaten.

 “Rencananya tahun 2020 nanti, ditambah lagi menjadi 260 kabupaten,” ungkapnya.

Menurutnya, penanganan kasus stunting membutuhkan keterlibatan lintas sektoral dan tidak sepenuhnya menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan. Porsi Dinas Kesehatan hanyalah 30 persen, selebihnya menjadi tanggungjawab instansi teknis lainnya.

“Karena itu peran Bappeda sangat kita harapkan, untuk kemudian mengkoordinir OPD lainnya. Jadi tidak cukup menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan saja,” jelasnya. (PJ)

Exit mobile version