Lomba Layar Darwin-Ambon 2020 Batal Dilaksanakan

AMBON (info-ambon.com)-Event tahunan lomba layar Darwin-Ambon atau yang dikenal dengan Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) untuk tahun 2020 ini batal dilaksanakan, karena saat ini Kota Ambon bahkan dunia sedang dilanda Pandemi COVID-19.

“Terkait dengan SIDAYR tahun 2020 tidak dilaksanakan, dari pihak Komite Australia sudah menginformasikan bahwa partisipan mereka tidak jalan,  karena kondisi  pandemic sendiri sampai saat ini semua  Australia sementara lockdown, kita tidak tahu locdown sampai kapan,’’kata kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Ricko Hayat kepada info-ambon.com di ruang kerjanya, Jumat (17/7/2020).

Dikatakan, Pihak komite Darwin serta Partisipant tidak jalan tahun ini, kita berdoa supaya pandemic ini cepat hilang, supaya semua kegiatan yang sudah ada bisa jalan.

“Jadi kemarin itu dari Komite Darwin sudah menginformasikan tahun ini tidak jalan, mengingat kondisi  pandemic covid-19 yang sementara terjadi, kita tidak bisa paksakan jalankan kegiatan. Apalagi di Kota Ambon sendiri masih PSSB,’’jelas Hayat.

Event tahunan ini sendiri sudah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Kemenko Maritim.

Diketahui, lomba pertama kali digelar pada 1976, namun sempat berhenti karena konflik social pada tahun 1999 dan kembali di gelar pada tahun 2007. Bukti kedekatan historis Australia dan Ambon.

“Daerah lain mempunyai event serupa tetapi SIDAYR merupakan lomba yang mempunyai nilai historis yang panjang sejak perang dunia kedua. SIDAYR juga pionir lahirnya event serupa seperti Sail Indonesia, Bunaken, Morotai dan lainnya,’’tutupnya.(EVA)

Exit mobile version