Kulur Juara Dewasa Lomba Hadrat Semarak Khazanah Budaya Islam Maluku 2019

Kadisparbud Kota Ambon, Riko Hayat mewakili walikota Ambon menyerahkan piala bergilir kepada perwakilan kontingen Kulur yang menjadi juara di lomba Hadrat tingkat dewasa 2019.-dok-

AMBON(info-ambon.com)-Peserta Hadrat dari Negeri Kulur-Saparua, Maluku Tengah berhasil menjadi yang terbaik dalam Lomba Hadrat Semarak Khazanah Budaya Islam Maluku tingkat dewasa memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, Minggu (1/9/2019).

Lomba Hadrat Semarak Khazanah Budaya Islam Maluku semalam ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Riko Hayat yang sekaligus menyerahkan piala bergilir Walikota Ambon kepada perwakilan dari Kulur.

Riko Hayat dalam sambutan penutupnya sampaikan, pihaknya sangat mengapreseasi terlaksananya festival ini, dan akan terus disuport di tahun-tahun mendatang.

Daftar juara tingkat dewasa.

Bahkan, pihaknya menantang panitia penyelenggara untuk menghadirkan lebih banyak lagi peserta dari luar Ambon di pelaksanaan tahun mendatang. ‘’Kali ini sudah ada peserta dari luar Ambon, namun jumlahnya masih terbatas, kami ingin tahun mendatang juga bisa menghadirkan semua kabupaten di Maluku,’’ tantangnya.

Kalau kali ini hanya 3 kabupaten diluar Ambon yang ikut yakni SBB, SBT dan Maluku Tengah, maka kami berharap tahun depan lebih banyak lagi misalnya dari Buru, Buru Selatan, Maluku Tenggara, Aru dan lainnya bisa diinfomasikan sejak awal.

Apalagi, tahun 2020 adalah tahun kunjungan wisata Ambon, sehingga ketika peserta banyak, maka otomatis mengundang orang untuk lebih banyak mengunjungi Ambon. ‘’Musik hadrat ini, sudah kami masukan ke dalam kalender even tahun 2020. Dan kami usulkan juga agar, festival sahur dilaksanakan juga ditahun depan, mengingat tradisi dan budaya itu sudah mulai punah di kalangan masyarakat,’’ tegasnya.

Kenapa festival sahur harus diangkat lagi? Karena itu juga berkaitan dengan tradisi leluhur serta juga ada elemen music didalamnya, sebab dulu, untuk membangunkan orang untuk makan sahur, biasanya dilakukan dengan memainkan alat musik pada jam sahur tersebut.

Ditambahkan pula, juga ada usulan untuk membuat rangkaian kegiatan memperingati peletakan batu pertama Masjid Al Fatah pada 3 Mei 1963 oleh Presiden Soekarno . Dan atas usulan itu, dia meminta juga dipikirkan oleh Ambon Youth Muslim Community (AYMC) untuk dilaksanakan juga pada tahun 2020.

Penyelenggaraan Lomba Hadrat Semarak Khazanah Budaya Islam Maluku 2019 ini, mengalami peningkatan jumlah peserta yaitu sebanyak 33 tim hadrat dengan total 1500 peserta mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Berikut para juara Lomba Hadrat Semarak Khazanah Budaya Islam Maluku tahun 2019 tingkat dewasa.

  1. Negeri Kulur (nomor urut 15) Tim Rebana Terbaik (nilai 920)
  2. Negeri Hatu Kau (nomor urut 21) Khalifah Terbaik (nilai 910)
  3. Ama Iha Liang (nomor urut 06) jumlah nilai (nilai 900)
  4. The Jalan Baru (nomor urut 28) juara favorite (nilai 870)
  5. Al Markas (nomor urut 26) Tim Terlegend (nilai 870)
  6. Al Funaka (nomor urut 08) Tim Kreasi Terbaik (nilai 860)
  7. Nurul Hayat (nomor urut 27) Terheboh (nilai 810)
  8. Gadipo Ponegoro (nomor urut 04)Tim kostum terbaik (nilai 800). (PJ)
Exit mobile version