KPU Maluku Terima Pendaftaran 14 DPD RI dan 18 Parpol

Pendaftaran bacaleg DPRD Maluku, DPR RI dan DPD tuntas dilaksanakan KPU Maluku.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku menerima pendaftaran 14 orang Bakal Calon Anggota DPD RI dan 18 Partai Politik (Parpol) untuk Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. Pendaftaran bakal calon Anggota DPD RI Provinsi Maluku dan pengajuan bakal calon anggota DPRD Provinsi Maluku pemilu tahun 2024 telah dibuka sejak 1-14 Mei 2023 pukul 23.59 WIT.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, seluruh Parpol peserta Pemilu 2024 telah mendaftarkan Bacalegnya. Pendaftaran diawali dengan bakal calon Anggota DPD RI Provinsi Maluku, Anna Latuconsina, kemudian diikuti Hasanuddin Rumra, Mirati Dewaningsih, Ali Roho Talaohu, Melkias L. Frans, Abukasim Sangadji, Bisri As Shidiq Latuconsina, Nono Sampono, Novita Anakotta, Samson Yasir Alkatiri, dan Sitti Amina Amahoru, Frangkois Klemens Orno, dan H. M. Yasin Welson Lajaha, penutup pendftran Joseph Sikteubun.

“Untuk bakal calon DPD RI sudah ada 14 calon yang kita terima semuanya lengkap,” katanya kepada wartawan usai pelaksanaan pendaftaran parpol di Kantor KPU Maluku, Senin (15/5/2023) Dini hari.

Sementara itu, untuk Parpol di awali oleh PKS, PDI Perjuangan, NasDem, PAN, Hanura, PBB, PKB, dan Demokrat. Sedangkan, pada hari terakhir pendaftaran, sebanyak 10 Parpol yang ikut mendaftar. Diantaranya, diikuti Demokrat, Perindo, Gerindra, PPP, PSI, Golkar, Partai Ummat, Gelora, Buruh, dan penutup Garuda. Bahkan Partai Garuda yang datang di menit-menit terakhir. Kemudian diberikan waktu hingga berkasnya di terima pada pukul 03.24 WIT dini hari karena kesalahan teknis.

“Di hari terakhir ini ada 10 Parpol yang mendaftar sehingga totalnya ada 18 Parpol,”terangnya. Dikatakan, seluruh berkas Bacaleg ini akan diikutkan pada tahapan verifikasi administrasi. “Tahapan verifikasi administrasi ini akan dilakukan mulai 15 Mei hingga 23 Juni 2023 mendatang,” demikian Kubangun. (EVA)

Exit mobile version