Komisi V DPR RI Tinjau 3 Infrakstruktur di Ambon dan Pulau Buru

Kunjungan anggota DPR RI ke Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) melakukan tinjauan ke 3 infrastruktur di kota Ambon yakni Bandara Internasional Pattimura Ambon, dan Pembangunan infrakstruktur Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, dan salah satu waduk di Pulau Buru, Kamis (5/9/2019).

Anggota komisi V DPR RI Bambang Haryo Sukartono kepada wartawan di Bandara Internasional Pattimura menyampaiakan, kunjungan kerja komisi V di Maluku untuk mengecek sara infrakstruktur kebutuhan masyarakat, selain itu, peninjauan di bandara Pattimura untuk melihat langsung infrastruktur bandara, dimana bandara tersebut direncanakan rampung renovasi perluasan bandara pada 4 Desember 2019 mendatang.

“Kunjungan di bandara Pattimura kita ingin melihat kapasitas bandara terutama terminal apakah cukup untuk melayani penumpang, kapasitas terminal penumpang saat ini belum sebanding dengan jumlah penumpang yang saat ini mencapai 2 juta penumpang per tahun,’’ jelas Sukartono.

Dikatakan, informasi yang kami terima saat ini mencapai 2 juta penumpang per tahun, sedangkan kapasitasnya saat ini hanya 1,3 juta, karena itu perlu percepatan renovasi kalau tidak akan kelebihan dan akan terjadi ketidaknyamanan serta membahayakan pengawasan.

“Bukan hanya terminal penumpang, yang harus diperhatikan juga untuk airnav Indonesia terkait peningkatan pergerakan pesawat udara di Bandara Pattimura. Peningkatan pergerakan pesawat udara baik take off maupun landing harus ditingkatkan dari sebelumnya 12 pergerakan per jam harus meningkat seperti bandara lainnya yang juga tidak mempunyai jalur di bandara yang menghubungkan landasan pacu atau taxi way,” katanya.

Sementara itu, Airport operation senior manager Angkasa Pura I bandara Pattimura, Arixon Ronnie Suebu menyatakan, saat ini data jumlah penumpang datang, transit dan berangkat mencapai 1,3 juta per tahun.

Saat ini jumlah per hari mencapai 500-700 penumpang, dengan kondisi kapasitas terminal sudah tidak bisa menampung terutama saat jam sibuk. Komisi V DPRRI menyampaikan, lanjut dia, masukan yang cukup baik bagi perkembangan bandara ke depan, yakni prediksi jumlah penumpang dengan kapasitas bandara setelah pembangunan ini rampung.

“Proses renovasi Bandara Pattimura Ambon ditargetkan rampung Desember 2019, sesuai kontrak kerja yakni 4 Desember 2019 guna melayani penumpang di menjelang hari keagamaan yakni natal dan tahun baru untuk peningkatan pelayanan nanti,’’ujar dia. Untuk itu, diharapkan dengan adanya perluasan bandara ini dapat menampung sampai 2 juta penumpang per tahun.(EVA)

Exit mobile version