Kolatlena Usul ANP Pindah ke Seram atau Bagian Tenggara

Anggota Komisi I DPRD Maluku, Ali Kolatlena.

AMBON(info-ambon.com)- Proyek startegis nasional semisal Ambon New Port (ANP), diusulkan dipindahkan ke lokasi lain di Maluku. Wilayah Pulau Seram dan Kawasan di Maluku Tenggara, bisa dijadikan alternative pembangunan ANP.

Anggota Komisi I DPRD Maluku, Ali Kolatlena saat dikonfirmasi wartawan info ambon.com di kantor DPRD Maluku Karang Panjang Kota Ambon, Rabu (9/3/2022) menegaskan, alasan itu disampaikan, karena proyek startegis nasional yakni ANP masih menyisahkan masalah terkait pembebasan lahan.

Selain masalah pembebasan lahan, dia mengemukakan, pada lokasi ANP di Negeri Waai , Maluku Tengah tersebut, ada  sisa bom peninggalan perang, sehingga dari sisi kelayakan, belum bisa di bangun. ‘’Pemindahan lokasi ini perlu di pertimbangkan,’’ jelasnya.

Ali Kolatlena menegaskan, Ambon, sudah tidak mampu menampung program program pembangunan infrastruktur berskala nasional, karena tingkat daya dukung yang sudah tidak layak.

‘’Karena itu sudah waktunya dipindahkan ke Pulau Seram, atau ke wilayah Tenggara, namanya juga sekaligus diganti yakni Seram New Port atau juga Tenggara New Port’’ kata anggota Fraksi Gerindra dari daerah pemilihan Seram Bagian Timur tersebut

Lebih lanjut  kolatlena akui, kalau dibangun di wilayah Seram atau Tenggara, maka akan ada Multiplier effect  atau efek berganda pada wilayah-wilayah disana. (RS)

Exit mobile version