Kodam XVI Pattimura Mulai Vaksin Booster

Vaksinasi tahap III atau booster dilingkup TNI mulai dilaksanakan. Nampak PJU Kodam Pattimura sementara melakukan vaksinasi booster Covid-19.-dok-

AMBON (info-ambon.com)- Program vaksinasi booster untuk TNI di Kodam XVI/Pattimura sudah dimulai, yang diikuti sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan Perwira Menengah (Pamen).

Adapun rincian, sebanyak 115 orang menerima vaksin, dengan rincian vanksin Moderna sebanyak 50 dosis dan Pfizer sebanyak 52 dosis. Sedangkan sisanya mendapatkan suntikan Astrazeneca dan Sinovac

Vaksinasi ketiga ini dilakukan bertahap yang digelar di Lapangan Makodam,  Rabu (22/12/2021). Selain TNI, ada juga keluarga TNI yang sengaja datang untuk mendapatkan vaksinasi Astrazeneca dan Sinovac dosis pertama dan kedua.

Kepala Rumah Sakit Tingkat II Prof. dr. J. A. Latumeten ,Kolonel Ckm dr. Adhy Sugih Arto, Sp. An mengatakan, vaksinasi yang dilakukan tidak hanya melayani vaksin suntikan ketiga bagi TNI dengan vaksin booster Moderna dan vaksin Pfizer namun ada juga vaksinasi Astrazeneca dan Sinovac dosis pertama dan kedua bagi keluarga TNI. Namun untuk vaksin booster dikhususkan hari ini untuk PJU Kodam XVI/Pattimura dan Perwira Menengah karena mengingat ketersediaan vaksin.

“Berdasarkan perintah Komando Atas, vaksin booster yang semula hanya diperuntukkan untuk nakes, saat ini juga bisa untuk TNI, mengingat ketersediaan vaksin, untuk di daerah diprioritaskan untuk PJU dan Pamen dahulu, kemudian untuk periode berikutnya untuk yang lain”, paparnya kepada info-ambon.com, Kamis(23/12/2021).

Pihaknya menjelaskan terkait manfaat dan efek samping dari vaksin booster,   bagi tubuh, yaitu menumbuhkan dan meningkatkan imunitas terhadap serangan virus Covid-19.

“Untuk efek samping vaksin tergantung dari jenis vaksin yang diperoleh dan imunitas masing- masing orang,” Pada vaksin Moderna hampir semua merasakan demam, menggigil dan ngilu di bekas suntikan namun akan hilang dengan sendirinya,” jelas Arto.

Sedangkan vaksin Pfizer tidak semua merasakan kena efek samping tergantung kondisi dan daya tahan tubuh. (EVA)

Exit mobile version