Kodam Pattimura Gelar Uji Petik Beladiri Taktis

AMBON (info-ambon.com)- Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., membuka kegiatan Uji Petik beladiri taktis Satuan jajaran kodam XVI/Pattimura, yang berlangsung di Lapangan Tenis Indoor Tapal Kuda, Rabu (14/12/23).

Kegiatan uji petik tersebut, diikuti oleh perwakilan dari seluruh satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura yang ada di wilayah pulau Ambon.

Dalam sambutannya, Kasdam menyampaikan, beladiri TNI-AD sudah ada sejak lama, namun saat ini dengan sebutan Beladiri Taktis yang gerakannya lebih ringkas, sehingga lebih mudah bagi prajurit untuk mengaplikasikannya.

“Memang, ini bermula ketika ada serah terima jabatan Kasad dari Jenderal Dudung ke Kasad Jenderal Agus Subianto, untuk membuat semacam terobosan secara real, beliau mengantisipasi berbagai macam kejadian-kejadian. Untuk kemampuan bela diri TNI AD, intinya, diaplikasikan untuk proteksi diri, beladiri sendiri untuk meminimalkan kerugian personil TNI AD. Sehingga dengan kondisi itu, beliau mengatakan kepada jajaran, ini bukan hal yang baru, tetapi hal yang lama yang lebih disimpelkan saja”, ungkap Kasdam dalam rilis tertulis yang diterima Redaksi info-ambon.com di Ambon, Rabu (13/12/23).

Dihadapkan dengan kondisi Kodam XVI/Pattimura yang memiliki dua wilayah, yaitu Provinsi Maluku dan Maluku Utara merupakan daerah kepulauan, yang hampir setiap pulau terdapat satuan jajaran Kodam.

“Tentunya, melalui ajang ini, kita lihat siapa yang memiliki kelebihan atau bakat, nantinya akan kita bentuk TIM untuk memberikan pembelajaran atau pelatihan langsung bagi satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura yang ada diluar pulau Ambon,” ungkapnya.

Selain itu Kasdam berpesan, Bela diri ini untuk bela bangsa, bukan untuk menjadi arogan. Diharapkan, dengan memiliki kemampuan beladiri, prajurit dapat melindungi diri sendiri, masyarakat, dan keluarga yang membutuhkan pertolongan seketika adanya kejadian.

Dalam uji petik ini juga diambil penilaian untuk di keluarkan sebagai juara. Yonif 733/Masariku berhasil meraih juara pertama, Denkav 5/BLC meraih juara ke dua, sedang juara ke tiga diraih oleh Hubdam XVI/Pattimura.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, Kasrem 151/Binaiya Kolonel Kav Joko Setiawan Sejati, para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Para Dansat dan Kabalakdam XVI/Pattimura yang ada di pulau Ambon. (EVA)

Exit mobile version