Kemensos Salurkan Bansos di Maluku

Penyerahan bantuan sosial dari Kemensos kepada warga Maluku.-dok-

AMBON (info-ambon.com)- Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) untuk Provinsi Maluku saat Kunjungan Kerja (Kunker) reses di Provinsi Maluku.

Penyerahan Bansos sebesar Rp583,4 juta untuk provinsi Maluk dilakukan Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi kepada Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Maluku, Sadli Li, di Kantor Gubernur Maluku, Senin (10/10/2022).

Adapun rincian bantuan yang diserahkan yakni bufferstock logistik bencana berupa beras sebanyak 20 ton senilai Rp215,3 juta, bantuan kearifan lokal dua lokasi di Kabupaten Maluku Tenggara Rp50 juta, bantuan santunan kepada korban Konflik Sosial sebanyak 14 orang di Kabupaten Maluku Tengah Rp55 juta, bantuan kursi roda untuk lima penerima manfaat dan bantuan tongkat adaptif untuk 42 orang penerima manfaat.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi menyatakan, DPR RI menjalankan tugas dan fungsi pengawasan untuk melakukan kunjungan reses ke provinsi Maluku. “Walaupun di Komisi VIII tidak ada perwakilan Maluku tidak menghalangi kami untuk datang ke Maluku, sebagai bentuk totalitas komisi VIII terhadap negeri ini tanpa lihat ada anggota dapil Maluku atau tidak, katanya. Bantuan yang diberikan pemerintah katanya, bukan untuk memelihara orang miskin, tetapi untuk mendukung dengan harapan para penerima berdaya dan mandiri. “Harapan kita bantuan pemerintah memberdayakan masyarakat sehingga bisa keluar dari kondisi ketidakberdayaan, kemiskinan,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Ditjen Rehabilitasi Sosial, Salahuddin Yahya menyatakan, Kemensos memberikan bantuan kebencanaan berupa rehabilitasi, kearifan lokal,maupun kepada penderita disabilitas.

“Bantuan kepada masyarakat dalam bentuk supporting terhadap masyarakat rentan agar tidak terjadi gesekan di masyarakat, menjaga stabilitas sosial dan juga tertib ditengah masyarakat,” katanya. (EVA)

Exit mobile version