Kemarau Panjang di Ambon, Negeri Batumerah Krisis Air Bersih

Penjabat Raja Negeri Batumerah.

AMBON(info-ambon.com)-Kemarau kepanjangan yang sementara terjadi di Ambon, menyebabkan krisis air bersih di beberapa kawasan dataran tinggi. Dampak kemarau ini, sangat dirasakan warga Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau-Kota Ambon.

Penjabat Raja Negeri Batumerah, Fenly Masawoy yang dihubungi info-ambon.com, Rabu (12/2/2020) mengakui, warga di wilayah pemerintahannya mulai kesulitan air bersih.

‘’Sumur-sumur air bersih sudah mengering. Pasokan air dari PDAM dan DSA sudah semakin lama mengaliri rumah-rumah pelanggan. Kalaupun air jalan, maka volumenya sangat kecil,’’ terangnya.

Menurutnya, sebelum memasuki musim kemarau ini, saluran air PDAM dan DSA mengalir seminggu 2 atau 3 kali, namun saat ini, seminggu hanya berjalan sekali, dan volumenya sangat kecil. ‘”Saat ini bisa dikatakan, Batumerah krisis air bersih,’’ tegasnya.

Diakui, beberapa waktu lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon maupun juga PMI Ambon, sempat melakukan operasi air bersih disana. Dan itu sangat diapreseasi warga Batumerah.

‘’Warga sangat berharap, operasi air ini bisa dilakukan terus, untuk mengantisipasi kesulitan air jangka pendek ini’’. (PJ)

Exit mobile version