Kelulusan SD dan SMP/MTs Ditentukan Dari Masa Belajar di Rumah

Kadis Pendidikan Kota Ambon Fahmy Salatalohhy.

AMBON (info-ambon.com)- Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy menyatakan, Kelulusan siswa baik SMP maupun SD di Kota Ambon akan sesuai dengan masa belajar di rumah yang diterapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon selama masa pandemi covid 19.

Dikatakan, saat ini penilaian kelulusan maupun kenaikan kelas terhadap siswa yang ada di dasarkan pada petunjuk teknis (Juknis) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam Juknis salah satu kriteria penilaian adalah masa belajar di rumah yang dilakukan melalui media daring.

Mengingat Pemerintah sudah memberikan akses yang mudah selama belajar di rumah. “Dilihat dan dinilai dari proses pembelajaran di rumah kemudian dari semua itu akan diakumulasikan lalu dinilai oleh sekolah berdasarkan pada kriteria belajar dirumah pada masa covid itu,” ujarnya kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (5/5/2020).

Menurutnya, walaupun sudah ada petunjuk teknis yang diberikan oleh Kementerian namun untuk kelulusan dan kenaikan kelas sendiri menjadi kewenangan penuh dari sekolah. “Jadi petunjuk teknisnya sudah ada tinggal penilaian itu akan ditentukan oleh sekolah,” tuturnya.

Dijelaskan, untuk hasil kelulusan snediri diperkirakan akan diumumkan pada tanggal 15 Mei mendatang karena pada bulan ini juga sudah ada proses penerimaan siswa baru. “Untuk jumlah siswa yang lulus nanti kita belum tahu karena ini sekolah negeri maupun swasta lagi mempersdiapkan itu. dan bulan mei kan sudah masuk PPDB untuk hasilnya nanti sekitar tanggal 15 Mei,” tambahnya.

Untuk kriteria penilaian juga akan didasarkan pada akumulasi nilai semester I, semester II maupun nilai tugas yang diberikan. “Untuk kriteria itu kan akan dilihat dari semester I, II, kemudian dari tugas yang diberikan karena selama di rumah juga guru memberikan tugas bahkan ada guru yang turun langsung ke rumah siswa,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kepada orang tua diminta untuk tidak khawatir terkait nilai siswa karena sudah ada penilaian yang maksimal yang dilakukan oleh sekolah. “Jadi saya kira di kondisi covid seperti ini para orang tua juga tidak perlu khawatir karena kriteria penilaian itu juga cukup maksimal akan diberikan dari sekolah,” jelasnya.

Untuk saat ini, pihaknya sedang melakukan evaluasi terhadap efektivitas dari proses belajar mengajar yang dilakuakn oelh siswa di rumah. “Dan sekarang ini kita melakukan evaluasi bagaimana efektivitas dari proses pembelajaran di rumah itu. Setelah itu masing-masing sekolah secara teknis akan melaksanakan penilaian itu,” tandas Salatalohy. (IA-EVA)

Exit mobile version