Kecelakaan Laut di Suli, 3 Anak Meninggal Terbawa Arus

Polisi ketika melakukan pendalaman kasus di rumah keluarga korban di Wayari, Suli. -HUMASPOLRES-

AMBON(info-ambon.com)-Keluarga Selempang, Suitela dan Nanlohy di RT 042 Dusun Wayari, Desa Suli, Kecamatan Salahutu-Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (28/5/2019) sekitar pukul 15.00 WIT berduka.

Kecelakaan di laut setempat menghilangkan nyawa 3 anak dari keluarga mereka, yakni Michela Selempang (8 tahun), Aditia Suitela (9 Tahun) dan Priska Nanlohy (12 Tahun) semuanya beralamat di RT 042 Dusun Wayari.

Kepala Sub Bagiang Humas Polres Pulau Ambon (PPA) dan Pulau-Pulau Lease (PPL), Ipda Julkisno Kaisupy kepada info-ambon.com, Selasa(28/5/2019) menyebutkan, kronologis kejadian seperti yang diceritakan Adriana Nanlohy, Ibunda Priska Nanlohy.

Awalnya sekitar pukul 14.00 WIT, Adriana Nanlohy dari rumah yang berada di RT 042 dengan menyertakan anaknya Priska Nanlohy (korban), Michel Salempang (korban) dan Aditia Suitela (korban) pergi mencari Bia di pantai Wayari Desa Suli. Tiba di pantai, merekapun mencari bia bersama.

Selang beberapa menit, para korbanpun meminta ijin dari Andriana Nanlohy untuk mandi atau berenang di pantai dan Nanlohy pun mengijinkan mereka untuk mandi, sementara Andriana Nanlohy sendiri melanjutkan untuk mencari bia.

Andriana Nanlohy tidak mengetahui kejadian itu. Ia baru mengetahui setelah mendengar suara minta tolong bahwa anaknya bersama kedua temannya telah tenggelam. Selanjutnya iapun panik dan meminta tolong selanjutnya ketika para saksi membantu menyelamatkan anaknya dan kedua temannya mereka bertiga telah meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan para saksi yakni William Alerbitu (59 tahun) alamat Wayari Desa Suli , saat itu saksi sedang mencari bia di pesisir pantai, selanjutnya seorang anak kecil an. Brian Bintoing memberitahukan kepada saksi bahwa ada orang yang tenggelam dari situlah saksi bersama bersama anaknya Bily Alerbitu dan salah satu orang tua korban an. An Nanlohy langsung pergi dan melihat.

Ternyata benar, ada 4 orang anak yang tenggelam diantaranya ada anak saksi juga yang tenggelam bersama ketiga temannya, selanjutnya saksi langsung menolong keempat anak tersebut, namun hanya seorang anak saja yang berhasil di selamatkan yaitu anak saksi sendiri an. Nolen Alerbitu sedangkan ketiga temannya sudah terbawah arus ombak ke tengah laut.

Selanjutnya saksi berusaha berusaha mengambil perahu untuk menyelamatkan ketiga teman/korban namun terlambat, ketika ketiga korban di temukan mereka sudah meninggal dunia selanjutnya saksi meminta bantuan dari kantor kehakiman yang berada tidak jauh dari TKP untuk membantu saksi membawa kerumah para korban

Saksi lainnya, Marten Hingga Tanduk Allo (16 Tahun) menceritakan, awalnya ketika saksi sedang mencari bia di pantai Wayari Desa Suli dan saat saksi hendak mandi di pantai saksi melihat ada seorang anak kecil an. Nolen Alerbitu yang berteriak minta tolong selanjutnya saksi langsung pergi dan menolongnya, selanjutnya ketika saksi menolong anak tersebut, saksi langsung berteriak minta tolong selanjutnya teman-teman saksi datang dan membantu sambil ada salah seorang anak kecil an. Brian Bintoing memberitahukan kepada kami bahwa ada tiga orang yang tenggelam lagi.

Selanjutnya saksi bersama William Alerbitu lalu membantu menyelamatkan ketiga korban yang telah di bawah arus ombak ketengah laut dan ketika kami berhasil mendapatkan meraka saat itu ternyata ketiga korban telah meninggal dunia selanjutnya saksi lalu membantu kebawah para korban kerumah mereka.

Saksi Bily Alerbitu (16 Tahun) juga mengisahkan, awalnya ketika saksi sedang mencari bia bersama ayahnya William Alerbitu di pantai Wayari Desa Suli tiba-tiba saksi di beritahukan oleh saksi Marten Allo bahwa ada orang yang tenggelam selanjutnya saksi lalu melihatnya dan ternyata benar orang yang tenggelam tersebut adalah adik saksi sendiri Nolen Alerbitu kemudian saksi bersama saksi 2 langsung menyelamatkan adik dari saksi tersebut selanjutnya Brian Bintoing datang dan memberitahukan kepada saksi 3 dan saksi 2 kalau ada tiga orang korban lagi yang tenggelam bersamaan dengan itu orang tua saksi bersama Sdr. Stevanus Somar langsung membantu menyelamatkan ketiga korban lain yang sudah terbawah arus ketengah laut.

Dan ketika ketiga korban berhasil di temukan ternyata ketiga korban telah meninggal dunia selanjutnya saksi bersama saksi 1,2 dan Stevanus Somar dan ada beberapa warga lain yang tidak saksi kenal lalu membawah pulang para korban kerumah mereka.

Saksi 4 Stevanus Somar (16 Tahun) Awalnya saksi sedang mencari bia di pantai Wayari Desa Suli selanjutnya saksi mendengar suara teriakan minta tolong ada orang yang tenggelam selanjutnya saksi lalu mengecek dan ternyata benar ada orang yang tenggelam selanjutnya saksi bersama saksi 1 langsung pergi dan menolong ketiga korban yang tenggelam.

Ketika saksi berenang ketengah laut dan mendapatkan salah seorang korban yakni Sdri. Fika Nanlohy, namum ketika saksi berhasil mendapatkan korban tersebut ia telah meninggal dunia selanjutnya saksi langsung membawanya ke tepi pantai sambil menunggu korban yang lain dan ketika kedua korban yang lain berhasil di temukan oleh saksi 1 dan membawah mereka ke tepi pantai ternyata kedua korban juga telah meninggal dunia selanjutnya kami lalu membawa pulang ketiga korban kerumah mereka. (PJ)

Exit mobile version