Kebakaran RM Sari Rasa Ambon Diduga Akibat Kosleting Arus Listrik

RM Sari Rasa yang semalam terbakar.-HMS-

AMBON(info-ambon.com)-Pihak kepolisian Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease menduga, kebakaran yang terjadi pada Rabu (22/1/2020) pukul 21.35 WIT di Rumah Makan (RM) Ikan Bakar Sari Rasa Jalan Anthony Reebok, Kelurahan  Honipopu Kecamatan Sirimau Kota Ambon, akibat kosleting arus listrik.

Dalam rilis yang disampaikan Polresta Ambon yang diterima info-ambon.com, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, sementara kerugian material antara lain, 2 (Dua) Unit Freezer, 1 (Satu) Unit Kulkas, 2 (Dua) Unit TV 32 Inch, 2 (Dua) Unit AC, 3 (Tiga) buah Meja Panjang, 18 (Delapan Belas) buah Kursi, 4 (Empat) buah HP diantaranya masing-masing milik Anak Pemilik Rumah Makan 2 buah HP SAMSUNG dengan harga Rp3.600.000 dan Milik Karyawan 2 buah HP XIAOMI dengan harga Rp7.000.000 serta surat-Surat berharga milik Karyawan dan Pemilik Rumah Makan.

Adapun kronolgis singkat peristiwa kebakaran menurut keterangan saksi yakni karyawan RM, Wandi (23 Tahun), bahwa, pada saat kejadian aktifitas dirumah makan sementara berlangsung dan posisi saksi duduk didepan Rumah Makan, tiba-tiba terdengar teriakan dari depan Rumah Makan yaitu karyawan Toko Ayam Potong Sehat yakni Fando yang berteriak bahwa “Tabakar, Tabakar”.

Mendengar hal tersebut saksi langsung bergegas masuk ke belakang rumah makan dan melihat api berasal dari kamar karyawan dilantai 2 bagian belakang rumah makan yang ditempati oleh Saksi, selanjutnya Saksi bersama rekan-rekannya sekitar 4 orang berusaha memadamkan api dengan alat seadanya namun kobaran api semakin membesar.

Berita Terkait: RM Sari Rasa Ambon Terbakar

Selanjutnya Saksi dan rekan-rekannya tidak dapat berbuat apa-apa, sehingga Saksi langsung keluar dari dalam rumah makan dan berusaha menyelamatkan diri di tempat yang aman.

Saksi Stefando Tomahu Alias Fando (29 Tahun) Pekerjaan Karyawan Toko Ayam Potong Sehat, menjelaskan bahwa sekitar Pukul 21.35 WIT, Saksi saat itu baru selesai memotong ayam pelanggan, yang mana jarak antara saksi dan TKP sekitar 5 meter, kemudian Saksi melihat kobaran api yang berasal dari Rumah Makan Sari Rasa Ikan Bakar di bagian belakang, selanjutnya Saksi berteriak kepada Karyawan Rumah Makan Sari Rasa Ikan Bakar yang saat itu masih membakar ikan di Depan Rumah Makan bahwa “Kebakaran, kebakaran, “capat panggel pemadam ada kebakaran di belakang”.

Mendengar teriakan Saksi tersebut Karyawan Rumah Makan langsung masuk kedalam Rumah Makan untuk melihat titik api, sedangkan saksi hanya melihat dari Depan Toko Ayam Potong Sehat.

Selanjutnya, pada pukul 21.40 WIT, 6 unit Mobil Damkar Kota Ambon tiba di TKP dan langsung berusaha memadamkan kobaran api tersebutdan pada pukul 21.50 WIT, api berhasil dipadamkan oleh pihak Damkar Kota Ambon.

Kebakaran tersebut berawal dari Kamar Karyawan di Lantai 2 Rumah Makan, yang mana kamar tersebut terbuat dari berbahan kayu yang mudah terbakar, namun untuk penyebab kebakaran belum dapat dipastikan, dan kebakaran di rumah makan tersebut merupakan kejadian yang kedua kalinya yang mana penyebab kebakaran yang pertama akibat korsleting listrik pada kamar karyawan. (PJ)

Exit mobile version