Kebakaran di Pasar Mardika-Ambon, 26 Kios/Lapak Ludes

26 kios/lapak di Pasar Mardika hangsu terbakar Senin dini hari. -dok-

AMBON(info-ambon.com)-Kebakaran hebat terjadi Senin (30/12/2019) sekitar pukul 00.50 WIT, di daerah Pasar Arumbai Kelurahan Rijali Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Sebanyak 26 Kios/Lapak, hangus terbakar. Dari 26 kios/lapak tersebut, diketahui hanya dimiliki oleh 21 orang.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy kepada info-ambon.com di Ambon Senin menjelaskan, menurut keterangan salah satu korban pemilik kios yang terbakar, La Ito (39 Tahun) menjelaskan bahwa sekitar Pukul 00.55 Wit, Korban saat itu baru sampai di rumahnya di daerah Wara kemudian ditelpon oleh Sdr. IPUL (Tukang Gerobak) yang sering mangkal di depan kios korban dan mengatakan bahwa kios sembako milik korban telah terbakar dan meminta korban untuk segera turun untuk mengevakuasi barang dagangan Korban.

Sesampainya Korban di TKP, Korban melihat kios dan barang dagangan miliknya sebagain telah terbakar di bagian belakang kios serta petugas pemadam sudah berada di TKP berusaha memadamkan kebakaran tersebut.

Keterangan lain dari saksi NR. Wattimen (43 Tahun) yang juga petugas Sat Pol. PP Pos Gedung Putih Mardika, Alamat Batu Meja Kec. Sirimau Kota Ambon, menjelaskan bahwa sekitar Pukul 00.50 Wit saat itu Saksi sedang bertugas di Pos Gedung Putih Mardika bersama Anggota Pos Polisi Gedung Putih, kemudian terdengar teriakan dari anak-anak di depan pasar Arumbai yang mengatakan bahwa kios terbakar.

Mendengar hal tersebut Saksi bersama Anggota Pos Polisi Gedung Putih langsung menuju ke TKP dan melihat api berasal dari belakang Lapak Milik Mas Pangat.

Selanjutnya Saksi bersama warga sekitar langsung berusaha mengevakuasi barang barang dagangan di Lapak-Lapak serta menarik kendaraan Roda dua yang diparkir di depan lapak-lapak tersebut.

Selanjutnya Anggota Pos Polisi Gedung Putih menghubungi pihak Pemadam kebakaran Kota Ambon untuk memadamkan kebakaran tersebut.

Ipda Julkisno Kaisupy menambahkan, sekitar Pukul 00.55 WIT, Anggota Pos Polisi Gedung Putih dan Pos Yan Mardika tiba di TKP dan langsung melakukan pengamanan TKP dan menghubungi pihak Damkar Kota Ambon dan sekitar Pukul 00.56 WIT, 7 Mobil Damkar Kota Ambon tiba di TKP dan langsung berusaha memadamkan kebakaran tersebut.

Pukul 00.57 WIT, 7 pers Polsek Sirimau yang dipimpin Wakapolsek Sirimau Ipda Safrudin Achmad didampingi Ka SPKT Shif C Aiptu O. Tuhumena dan Kanit Intel Polsek Sirimau Bripka Jauhar Wahab, tiba di TKP dan langsung melakukan pengamanan TKP dan menghimbau kepada warga agar tidak mendekati TKP, sehingga tidak mengganggu petugas pemadam kebakaran, serta melakukan pulbaket.

Ia katakan, sekitar pukul 00.58 Wit, Pihak PLN Rayon Kota Ambon tiba di TKP dan langsung memutuskan aliran listrik di sekitar TKP dan sekitar Pukul 02.50 WIT, api berhasil dipadamkan oleh pihak Damkar Kota Ambon dan selanjutnya mobil Damkar meninggalkan TKP.

Kaisupy juga tambahkan, dugaan sementara, penyebab dari kebakaran tersebut belum dapat dipastikan namun dari keterangan para saksi bahwa saat saksi-saksi berada di TKP dan melihat sumber api berasal dari belakang Lapak Milik Mas Pangat yaitu di lapak milik Mas Wawan (Penjual Bakso).

26 Kios/Lapak yang terbakar masing-masing, Mo Wabula (Ayam Potong), La Ito (Sembako), Bapa Tete (Sembako), Mba Nur (Warung Makan), Mas Pangat (Tahu Tempe), Wawan (Bakso), Bp Ode (Sembako), Ewin (Kelapa Parut), Bpk. Mei (Sembako), Lasahuni (Cili Tomat), Bpk. Ismail (Sembako), Abdullah Marasabessy (Cili tomat), Mama Sari (Sembako), Wa Mia (Cili Tomat), Ibu Saiba Tuasamu (Sembako), Mas Jari (Tahu Tempe), La Unyil (Sembako),  Dhani (Cili Tomat), Mou Marasabessy (Sembako), Abd Rahman Rumakat alias Remon  (Cili Tomat), dan Bpk. Emang Wabula (Ayam Potong). (PJ)

Exit mobile version