Kantor Bahasa Maluku & BPK Wilayah XX Gagas Inovasi Kolaborasi Festival

AMBON (info-ambon.com)- Kantor Bahasa Provinsi Maluku mengandeng Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XX menggagas inovasi dalam bentuk kolaborasi festival bersama, dengan sorotan tema “Harmonisasi nada, budaya, dan bahasa dalam bingkai kebhinekaan”.

Festival benteng Victoria dan festival tunas bahasa Ibu Provinsi Maluku tahun 2023 akan digelar di pada 25 November 2023 di Lapangan Merdeka Ambon.

“Festival tersebut akan menampilkan kekayaan budaya yang ada di Provinsi Maluku, baik melalui bahasa daerah, nyanyian daerah, tarian daerah, permainan rakyat, maupun peninggalan cagar budaya,” ungkap Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kity Karenisa, saat membuka festival tersebut di salah satu hotel di Kota Ambon, Rabu (22/11/2023).

Meskipun begitu, lanjut Kity, memiliki keunikan dan ciri khas yang beragam dari setiap daerah, semuanya dirangkai secara harmonis dalam sebuah bingkai kebinekaan.

Selain itu, revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku dilakukan untuk menguatkan pengunaan bahasa daerah dan sebagai cara untuk menghidupkan kembali hasrat dan minat penutur bahasa daerah untuk menggunakan bahasanya.

“Kami telah melaksanakan festival tunas bahasa ibu tingkat Kabupaten dengan memperlihatkan hasil pembelajaran ekstrakurikuler melalui tujuh mata, kegiatan kreatif bahasa daerah yang dilombakan, yaitu, menulis dan membaca puisi, menulis cerpen, berpidato, menyanyi, lawakan tunggal (stand up comedy), mendongeng, dan menulis surat,” paparnya.

Sementara itu Kepala BPK Wilayah XX, Dody Wiranto menambahkan, kolaborasi kedua festival ini berbentuk pagelaran budaya Maluku yang kaya dengan pengisi acara, yaitu sanggar seni yang akan menampilkan tarian dan musik tradisional.

Selain itu, terdapat pula wahana permainan tradisional Maluku yakni gici-gici dan lemon nipis.

Selain penampilan kesenian tradisional, festival tersebut akan ada pameran yang menjelaskan secara umum sejarah prakolonial, masa Islam, dan masa kolonial di Maluku.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk hadir dan menyaksikan langsung Festival Benteng Victoria dan Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi Maluku Tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 25 November 2023 mulai pukul 14.00 hingga selesai, ” Ujar Dody. (EVA)

Exit mobile version