Job Fair Ambon Berakhir, 2.275 Pencaker Mendaftar

Animo pencari kerja di job fair Ambon 2019, Pattimura Park 14-15 Agustus.-HMS-

AMBON(info-ambon.com)-Bursa lapangan kerja (job fair) yang tergelar di Ambon, 14-15 Agustus 2019 berakhir. Sedikitnya, 2.275 pencari kerja (pencaker) mendaftar untuk lowongan kerja yang dibuka pihak pemilik kerja yang membuka stand di job fair tersebut.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon, Lina Silooy kepada info-ambon.com, Kamis (15/8/2019) di Ambon sampaikan, setidaknya ada sekitar 370 lapangan kerja yang tersedia dalam pelaksanaan job fair tersebut.

Untuk semua lowongan kerja itu, dia pastikan semuanya terisi sesuai dengan jumlah pelamar yang datang dan mengisi formulir yang disiapkan masing-masing perusahaan.

Sayang, walau yang mendaftar sebanyak 2.275 orang, namun yang tercover di barkot perusahaan penerima kerja hanya sebanyak 946 orang. ‘’Banyak yang daftar tapi mereka tak meneruskan untuk mengisi di barkot perusahaan,’’ katanya.

Walikota: Ini acara penting. Manfaatnya untuk masyarakat, tahun depan 2 kali setahun kita laksanakan.-PJ-

Pihaknya memberikan kesempatan kepada pihak swasta yang ikut job fair ini, agar paling lambat dalam waktu 1 bulan, sudah bisa menyampaikan hasil penerimaan yang dilakukan tersebut.

Job fair yang digelar ini, lanjut Silooy bertujuan untuk mempertemukan para pencari kerja dan pemberi kerja, pada suatu waktu dan tempat yang sama selama dua hari. Dan memang, dalam pertemuan itu, pencari kerja memanfaatkan kesempatan yang diberikan para pemberi kerja sesuai dengan keinginan dan displin ilmu yang dimiliki pencari kerja.

Disebutkannya, ada 20 perusahaan swasta yang mengikuti job fair yang dipusatkan di halaman Taman Pattimura (Pattimura Park) tersebut mereka diantaranya Indomaret, PNM, PT Mimi Utama (Alfa Midi), Informa, BFI serta lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon, GIS Soplanit pada kesempatan terpisah menyampaikan, job fair mendapat perhatian yang cukup luas dari masyarakat.

Olehnya, atas arahan Walikota Ambon, kemungkinan pada tahun-tahun mendatang, job fair ini akan dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Ini bertujuan agar bisa menekan angka pengangguran yang ada di kota ini.

‘’Pa Walikota menaruh perhatian serius di acara ini. Beliau sudah sampaikan, tahun depan, job fair ini dilakukan 2 kali dalam setahun. Sebab memang ini berdampak langsung ke warga Ambon,’’ demikian Soplanit. (PJ)

Exit mobile version