Jelang Idul Fitri, Polda Maluku Gelar Operasi Keselamatan Lalulintas Salawaku 2024

AMBON (info-ambon.com)- Kepolisian Daerah Maluku resmi menggelar Operasi Keselamatan Lalulintas Salawaku Tahun 2024 melalui apel gelar pasukan yang dihelat di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Sabtu (2/3/2024).

Operasi Keselamatan ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Pimpinan Apel, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun, S.IK kepada perwakilan personel POM TNI, Polantas, Jasaraharja, Dinas Perhubungan, dan Siswa SMA di Kota Ambon.

Hadiri dalam kegiatan itu Irwasda Maluku Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol Sik bersama seluruh pejabat utama Polda Maluku dan Kapolresta Ambon. Turut hadir Komandan POM Lantamal IX Ambon, Komandan POM Kodam XVI Pattimura, Komandan POM Lanud Pattimura Ambon, Pimpinan PT Jasa Raharja Cabang Ambon, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, perwakilan guru dan murid dari masing-masing sekolah yang ada di Kota Ambon serta perwakilan para komunitas Motor yang ada di Kota Ambon.

Wakapolda Maluku Stephen M. Napiun, dalam amanatnya mengungkapkan, apel gelar pasukan operasi keselamatan lalulintas dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas) menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah tahun 2024.

Operasi keselamatan lalulintas akan dilaksanakan selama 14 hari sejak tanggal 4 – 17 Maret 2024. Operasi tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan tema “keselamatan berlalu lintas guna terwujudnya Indonesia maju”.

Wakapolda mengatakan, permasalahan di bidang lalulintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Permasalahan-permasalahan tersebut dibutuhkan peran serta seluruh pengguna jalan agar mampu meningkatkan kampanye kamseltibcarlantas.

“Selain itu, juga diperlukan koordinasi bersama antara instansi pemerintah lainnya yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan,” pintanya.

Ia mengatakan, operasi Keselamatan Lalulintas Salawaku 2024 bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, menurunkan angka fasilitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalulintas. Operasi ini sasarannya meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, baik sebelum, pada saat, dan pasca operasi keselamatan 2024.

“Operasi keselamatan Salawaku 2024 adalah merupakan jenis operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap lalulintas

,” katanya. (EVA)

Exit mobile version