Jelang Idul Adha, Hewan Kurban Mulai Dijual Pedagang di Ambon

Hewan kurban yang mulai dijajakan pedagang di beberapa titik di kota Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Menjelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah tahun 2019 yang akan jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019, para pedagang hewan kurban mulai ramai menjajakan hewan kurban.

Pantauan Info-ambon com di lapangan, sepanjang Jalan Sudirman terlihat pedagang hewan kurban menjual hewan-hewan kurban mulai dari Sapi dan Kambing. Tak hanya di jalan Sudirman, tetapi terdapat beberapa ruas jalan di Kota Ambon juga terlihat pedagang menjual hewan kurban.

Salah satu penjual hewan kurban di Jalan Sudirman, Dino mengatakan, pihaknya berjualan sudah seminggu yang lalu, dan kambing-kambing yang dijual semua dari seram.

“Untuk harga hewan kurban, mulai dari Rp2 juta- Rp3 jutaper ekor, tergantung dari ukuran besar kecil kambing tersebut. Sedangkan sapi, harga mulai Rp5 juta Rp10 juta per ekor tergantung ukuran,”jelasnya.

Dikatakan, animo masyarakat untuk membeli , tahun ini sedikit berkurang.

“Sejak kemarin belum ada yang laku. Begitu pun hari ini, masih berkurang. Mungkin seminggu lagi baru masyarakat berbondong-bondong membeli hewan kurban,”katanya.

Hewan kurban juga didatangkan dari Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), dan pulau Seram, dengan dijual kisaran harga Rp 5 juta – Rp 14 juta. “Saat ini sapi yang ada itu sekitar 80 ekor sapi dan itupun ada yang dipesan oleh masyarakat baik secara pribadi maupun kelompok,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk tahun kemarin itu animo masyarakat yang datang membeli hewan kurban cukup banyak namun tahun ini justru menurun. “Tahun lalu itu saya menjual sapi sebanyak 180 ekor dan dua minggu jelang Idul Adha baru laku 55 ekor,” jelasnya.(EVA)

Exit mobile version