Jelang HUT Maluku,  TP PKK Promal Gelar Operasi Cela Bibir

Ketua TP PKK Maluku saat hadiri bakti sosial kesehatan dalam rangka HUT 77 Maluku, Kamis.-dok-

AMBON(info-ambon.com)-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Maluku (promal) menggelar kegiatan bhakti sosial cela bibir dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke- 77 provinsi Maluku, bertempat di RSUD dr. Ishak Umarela Tulehu, Rabu (11/8/2022).

Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi dalam sambutannya menjelaskan bahwa Cela  bibir adalah kondisi dimana terdapat celah bibir bagian atas dan langit-langit mulut, kondisi ini merupakan kelainan bawaan yang sering kita jumpai di masyarakat dengan angka kejadian sekitar satu banding 500 pada orang Asia dan riset kesehatan dasar atau rispes tahun 2018 memperlihatkan proporsi kelainan celah bibir pada anak usia 2 sampai 5 tahun sebesar 0,12 persen di Indonesia umumnya.

Lebih lanjut  widya mengatakan bahwa kondisi ini apabila tidak diperbaiki sedini mungkin maka dapat memberi dampak pada berbagai segi kehidupan baik itu sosial maupun ekonom, dari segi kesehatan kelainan yang berat dapat berpengaruh pada terganggunya kemampuan makan dan minum anak sehingga dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kekurangan gizi baik itu gizi buruk maupun stunting begitupun dari segi psikososial dimana anak akan merasa minder saat bergaul dengan teman sebayanya.

“Selaku Ina Latu Maluku yang juga sebagai Duta parenting  Maluku, saya tentu sangat prihatin dengan kondisi ini dan berharap agar anak-anak ini dapat segera mendapat penanganan yang sesuai sebagaimana mestinya”, tuturnya.

“Saatnya kita ini berbuat,  kita bersyukur, kita punya anak tidak ada yang menderita cela bibir, tapi kita merasa prihatin disekeliling kita, jika kita melihat anak-anak yang memang ada kelainan cela bibir pada saat lahir,” ungkap Widya lagi.

Widya  mengatakan mudah mudahan kegiatan operasi cela bibir ini sudah menjadi agenda dan niatnya di awal tahun 2022 didalam rangka HUT  Provinsi Maluku dan ingin bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan dinas dinas terkait untuk bisa melaksanakan kegiatan ini.

“Saya  rasa mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut setiap tahun, setiap kegiatan HUT provinsi, saya berpikir kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. mudah-mudahan insya Allah, tahun depan tidak hanya kita adakan di Ambon mungkin kita bersama tim operasi kita turun langsung ke kabupaten-kabupaten yang ada di Maluku” kata Widya.

Widya Pratiwi Murad Ismail.

Widya berharap mudah-mudahan dan gerakan ini menjadi gerakan yang terus-menerus siapapun nanti pimpinannya ke depan mudah-mudahan ini menjadikan kegiatan rutin yang menurutnya sangat sekali bermanfaat khususnya untuk anak-anak penderita cela bibir.

Widya juga menyampaikan ungkapan terima kasih sebesar-besarnya kepada tim  dokter atas langkah kecil semua tim lakukan pada kegiatan ini karena dapat memberi dampak kebaikan yang besar untuk anak anak penderita cela bibir.

Widya berpesan semoga kegiatan bakti sosial menyambut HUT ke-77 Provinsi Maluku ini dapat memberi manfaat yang besar masyarakat Maluku dan dapat terus terlaksana dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat maupun stakeholder yang terkait, karena baku gandeng Maluku bisa.

Hadir dalam kegiatan itu Pimpinan OPD lingkup Pemerintah promal, Direktur RSUD dr. Ishak Umarela, Direktur RSU Haulusy Ambon, para pengurus PKK promal, dan peserta calon operasi cela bibir lelangit beserta orang tua pendamping. (PJ)

Exit mobile version