Januari-Juni 2023, 330 Warga Ambon Digigit Anjing Rabies, 4 Meninggal

AMBON (info-ambon.com)- Terhitung bulan Januari hingga Juni 2023 sebanyak 330 warga Kota Ambon digigit Anjing Rabies, dan empat orang diantaranya meninggal dunia. “Sesuai laporan dan catatan sejak Januari hingga Juni 2023 ini, ada sekitar 330 warga Ambon jadi korban gigitan anjing rabies di Kota Ambon,” kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Ambon, Rems Tale kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (26/6/2023).

Dijelaskan, dari 330 angka kasus tersebut, empat orang diantaranya telah meninggal dunia. “Untuk korban meninggal dunia sendiri akibat gigitan anjing rabies itu ada sekitar empat orang. Bulan Juni ini tidak ada korban meninggal,” jelas Talle.

Baca juga:Bagi 70 Hewan Kurban di Ambon

Oleh karena itu, untuk mencegah dan menekan kasus tersebut, Dinas Kesehatan bersama Dinas Pertanian Kota Ambon, telah memberikan vaksin anti rabies kepada ratusan ekor anjing di Kota Ambon. “Sejauh ini, kami bersama Dinas Pertanian sudah menyuntikan Vaksin Anti Rabies (VAR) 184 ekor hewan terutama anjing. Anjing yang kita suntik itu, merupakan peliharaan warga,”terangnya.

Diakui, vaksin anti rabies itu merupakan vaksin yang digunakan utuk mencegah infeksi dari virus rabies. “Untuk stok vaksin rabies sendiri di Kota Ambon, masih aman. Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah penularan virus rabies ini,”tegasnya.

Baca juga:Disnaker Ambon Siap Berangkatkan 29 Pencaker ke Darwin

Tale berharap, agar warga juga memberikan dukungan kepada Pemerintah untuk sama-sama memerangi hal tersebut. “Yang paling penting ini dukungan warga, sebab percuma saja kita buat tapi kalau tidak didukung oleh warga ya sama saja. Padahal ini untuk kebaikan kita bersama,” tandasnya. (EVA)

Exit mobile version