Inovasi “MERINDU” Raih Penghargaan di Ajang Maluku Inovation Award

AMBON (info-ambon.com)- Inovasi Media Informasi Terpadu “MERINDU” yang bertempat di lantai I Kantor DPRD Maluku meraih juara 3 serta meraih prestasi dan penghargaan pada ajang Maluku Inovation Award. Penghargaan diserahkan lansung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail di salah satu hotel di Kota Ambon, Kamis (18/4/2024).

Diketahui, Inovasi tersebut digagas oleh Kepala Bagian Anggaran DPRD Provinsi Maluku, Farhatun Rabiah Samal, S.Sos, M.Si,.

Penghargaan atas inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kota se-Maluku maupun OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku melalui Maluku Innovation Award, yakni juara 1 diraih Dinas Pertanian dengan inovasi Pelita si Tani, Juara 2 RSUD dr. Ishak Umarella dengan inovasi Beta Team.

Sementara Kategori Kabupaten/Kota Se-Maluku, yakni Juara 1 Kota Ambon Kalesang Kintal Kosong, Juara 2 Kabupaten Maluku Tenggara dengan inovasi Jeko Pabesting dan Juara 3 Kabupaten Buru Selatan dengan inovasi Geba Keda.

Diketahui, inovasi “MERINDU.” dilaunching di lobi Kantor DPRD Provinsi Maluku,  Senin (26/9/ 2022). Kegiatan launching MERINDU diresmikan oleh mantan Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, merupakan bagian dari strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi MERINDU ini adalah media Informasi berlangsung  dalam jangka waktu panjang.Jadi mempermudah masyarakat mengakses informasi terkait kegiatan Pimpinan dan anggota dewan sehari-hari,”kata Samal, saat itu.

Samal mengaku, diruang MERINDU, ada media center, ada pojok baca, dan UMKM. “Ada sistim informasi bagi masyarakat dan wartawan memantau kegiatan Dewan.  Juga ada pojok baca sesuai arahan bunda Literasi Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail. Ada juga UMKM, sehingga kita membantu menjual produk untuk meningkatkan pendapatan mereka,”jelasnya.

Tak hanya disitu, dia mengaku, inovasi MERINDU, merupakan salah satu produk yang inovasi pada proyek AKSI Perubahan pada Kegiatan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan IV Tahun 2022.”Ini juga dalam rangka mendukung Visi dan Misi  Gubernur dan Wakil Gubenur yang telah tertuang dalam RPJMD, terutama terkait dengan perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,”jelasnya.

Samal yang juga Plh Sekretaris DPRD Provinsi Maluku ini menjelaskan, bahwa berdasarkan arahan  Gubernur dalam mengembangkan Inovasi di Provinsi Maluku bahwa Satu institusi Satu Inovasi (One Agency one Inovation), dalam upaya mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan. (EVA)

Exit mobile version