Inilah Kelebihan yang Dimiliki Oleh iPhone 14 

Sejak rilis pada September 2022 lalu, iPhone 14 cukup menyita perhatian para pecinta iPhone. Seperti biasanya bahwa iPhone 14 ini menjadi penerus dari seri sebelumnya, yakni iPhone13 series. Sebagai penerus, tentunya cukup banyak perubahan dan peningkatan pada berbagai spesifikasi yang dibawanya. 

Jika kamu penasaran apa saja kelebihan yang dimiliki oleh iPhone 14 ini, simak ulasannya di bawah ini.

Desain yang dimiliki iPhone 14 ini memang tidak terlalu memiliki perubahan yang banyak. Sebab, pada dasarnya desain yang dimiliki iPhone 14 adalah salinan dari pendahulunya yaitu iPhone 13. Hal tersebut lengkap dengan modul kamera dan tampilan notch-nya.

Meskipun begitu, kualitas bodi yang dimiliki smartphone ini cukup menarik. iPhone 14 sudah dilengkapi dengan bodi alumunium dan kaca yang kokoh pada bagian depan dan belakang. Kaca tersebut juga bisa dilepas atau removable ketika terjadi insiden pecah dan memasangnya sendiri. Jika kamu merasa ragu, sebaiknya serahkan masalah itu kepada ahlinya pada service center Apple.

Memang bukan berarti kaca iPhone 14 ini mudah pecah. Sebab, layarnya sudah didukung oleh Gorilla Glass untuk bagian depan dan belakang. Tidak hanya itu saja, smartphone ini juga telah memiliki sertifikasi IP68. Dengan sertifikasi tersebut, iPhone 14 tahan terhadap debu dan air. Bahkan, smartphone ini bisa tahan di dalam air hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Layar iPhone 14 ini memiliki kemampuan yang cukup tinggi, yakni diperkuat oleh layar berpanel Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci. Walaupun tidak ada peningkatan dari pendahulunya, panel tersebut masih menjadi panel terbaik untuk kelas harganya dalam hal kualitas.

Sayangnya, layar iPhone 14 ini mempunyai refresh rate yang tidak terlalu tinggi, yakni hanya 60Hz. Meskipun tidak memiliki pengguliran dan animasi super mulus seperti model “Pro”, layar ini mampu menghasilkan resolusi tinggi.  Jumlahnya sendiri mencapai 1170 x 2532 piksel dengan kerapatan piksel mencapai angka 460 ppi.

Kamera utama pada iPhone 14 ini memang tidak memiliki resolusi tinggi, yakni hanya mencapai 48 MP seperti model iPhone 14 Pro. Namun, iPhone 14 ini mempunyai fitur kamera yang disempurnakan dengan caranya sendiri.

iPhone 14 ini juga memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.5. Kamera utama ini memiliki sensor yang lebih besar daripada pendahulunya. Lensa iPhone 14 menggunakan 26mm dengan sensor berukuran 1/1.7inci. Jumlah tersebut mampu menghasilkan piksel individual sebesar 1.9 mikrometer.

Meskipun menggunakan chipset yang sama seperti pendahulunya, yaitu SoC Apple A15 Bionic, performa yang dipakai oleh iPhone 14 ini lebih kencang. Peningkatan performa yang dimilikinya terletak pada kinerja grafisnya dengan GPU 5 Core.

Apple A15 Bionic ini mempunyai enam inti CPU.  Enam inti CPU itu terdiri dari dua inti performa yang bernama Avalanche dengan frekuensi 3.24 GHz dan empat inti efisiensi bernama Blizzard yang berada di frekuensi 2.0 GHz.

SoC milik iPhone 14 ini sudah dirancang dengan proses manufaktur 5 nm yang juga sama seperti pendahulunya. Namun, Apple mengeklaim bahwa GPU SoC ini mempunyai kemampuan lebih kencang daripada pendahulunya karena ada 5 inti GPU.

Demikian kelebihan yang dimiliki oleh iPhone 14. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

 

Exit mobile version