Indag Pastikan Harga Bawang Putih di Maluku Stabil Pekan Ini

Kadis Indag Maluku, Elvis Pattiselanno (insert): BP stabil pekan ini.-repro IA-

AMBON(info-ambon.com)-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Provinsi Maluku, memastikan harga Bawang Putih (BP) di Maluku stabil pekan ini. Kepada info-ambon.com, Selasa (14/5/2019) Kepala Dinas Indag, Elvis Pattiselanno memastikannya.

Dia sebutkan, fenomena mahalnya bawang putih bukanlah fenomena Maluku saja, namun sudah menjadi fenomema nasional. Olehnya, pemerintah sudah mengambil langkah cepat untuk import bawang.

‘’Jadi BP ini fenomenanya meng-Indonesia. Semua wilayah terjadi kenaikan harga. Kita di Ambon-Maluku masih mending. Di Papua dan sebagian Sumatera, harganya capai Rp90 ribu per kilonya,’’ terangnya.

Berita terkait: Harga Bawang Putih Melonjak Liar di Ambon

Pemerintah kemudian ambil langkah impor dan sementara dilaksanakan. Dan sudah diimpor. Untuk Maluku, saya pastikan pekan ini harga stabil.

Kok bisa? Ya, karena 2 kontener BP akan segera masuk ke pelabuhan Ambon. 2 kontener diperkirakan sekitar 30 ton. Dan setelah dikalkulasi, maka harga pasaran akan turun ke level Rp35ribu tiap kilonya.

Sudah ada pembicaraan langsung antara Firma 51 dengan importer di Surabaya dan sudah ada kesepakatan untuk pengiriman. Kita juga sudah kalkulasi harga pasar dan kisaran Rp35ribu adalah harga yang sangat rasional. (PJ)

Exit mobile version