Indag Maluku: Stok Pangan Tercukupi

Kepala Dinas Indag, Elvis Pattiselanno.

AMBON(info-ambon.com)-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Provinsi Maluku menyatakan, sampai saat ini, kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Idul Fitri 1440 H tercukupi.

Kepala Dinas Indag, Elvis Pattiselanno, Selasa (28/5/2019) di Ambon menyatakan, kecukupan persediaan pangan tersebut, berkat dukungan semua stakeholders yang ada, baik di jajaran pemerintahan maupun swasta.

‘’Kami sangat berterima kasih, karena semua stakeholders mengambil perannya masing-masing untuk pemenuhan kebutuhan pangan. Perikanan sudah mengambil langkah untuk memenuhi kebutuhan ikan dan Satgas Pangan juga sudah mengambil langkah yang sama sesuai tupoksinya begitu juga Bulog,’’ jelasnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan tersebut, semuanya tidak lain hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sampai hari ini kebutuhan pokok masih tercukupi. Bahkan stok kita tersedia dalam jumlah yang cukup.

Pattiselanno berani menjamin hal ini karena pada minggu lalu, ada 2 kapal lakukan pembongkaran dan sekitar 30 kontener yang berisi kebutuhan pokok yaitu beras, telur, daging ayam, minyak goreng diturunkan di Ambon.

‘’Kita sudah punya jadwal kapal dan terakhir menjelang idul fitri tanggal 3 masih ada kapal yang masuk, jadi stok tersedia dalam jumlah yang cukup,’’ katanya.

Tadi memang ada 3 komoditi yang cukup memicu inflasi yaitu cabe rawit, bawang putih dan bawang merah,” tuturnya.

Untuk bawang putih dan bawang merah sudah turun harga. Informasi dari para pemasok dan distributor bahwa bawang putih gelombang berikut akan terjadi penurunan harga dari central mulai minggu lalu.

“Mungkin hanya harga cabai masih mahal karena sentral produksinya terbatas, oleh karena itu harganya masih menjadi pekerjaan rumah bagi kami tim inflasi,” ujarnya.(IKA)

Exit mobile version