HUT ke-446 Kota Ambon, Spesifik

Konfrensi pers jelang HUT ke-446 Kota Ambon Tahun 2021.-PJ-

AMBON (info-ambon.com)-Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyampaikan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-446 Kota Ambon yang jatuh pada tanggal 7 September 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan melaksanakan berbagai event yang akan diselenggarakan mulai 27 Agustus mendatang di Tribun lapangan merdeka.

“Seluruh rangkaian kegiatan menyongsong HUT Kota Ambon akan kita Launching di Tribun Lapangan Merdeka Ambon dengan beberapa kegiatan, salah satunya Pekan Selebrasi Vaksinasi dengan target 4.460 orang,” jelasnya saat konferensi Pers ruang rapat Vlisingen Balai Kota Ambon, Selasa (24/8/2021).

Disebutkan, HUT Kota Ambon yang ke-446 ini sedikit spesifik karena merupakan tahun terakhir masa jabatan dari Walikota dan Wakil Walikota, serta Sekretaris Kota Ambon. “Jadi, tiga Tungku ini akan merayakan HUT Kota Ambon yang terakhir dalam masa kepemimpinan kita,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Kota Ambon ke-446, Joy Adriaansz menambahkan, HUT Kota Ambon di tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan HUT ditengah pandemi Covid-19.

Rangkaian kegiatan terfokus pada berbagai agenda yang mengutamakan aksi dan kepedulian sosial aparatur, peningkatan edukasi daerah, seminar internasional, dan pembelajaran secara online, serta pengucapan syukur atas kebaikan Tuhan bagi Kota Ambon.

Trio Pemimpin Kota Ambon, Walikota_Wakil Walikota dan Sekot Ambon yang tahun ini merayakan HUT Ambon terakhir, di masa kepemimpinan mereka.-PJ-

Dikatakan, tema yang dipakai dalam HUT Kota Ambon ke -446 tahun adalah “Ambon Tangguh” yang mengacu pada tema sentral peringatan HUT Proklamasi RI dan juga HUT Provinsi Maluku.

“Tema ini mengandung harapan dan semangat menjadikan Ambon kota yang kuat dan tangguh sambil dihadapkan dengan pandemik Covid-19 maupun tantangan lain baik secara lokal, regional maupun internasional,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya merincikan berbagai rangkaian kegiatan menyongsong HUT Kota Ambon, diantaranya jumpa berlian dipusatkan pada jalan utama Kota Ambon, dan desa/negeri/kelurahan, aksi pemasangan stiker kebersihan lingkungan, kegiatan aksi  Barakuda dengan memberikan edukasi agar mengikuti vaksinasi massal pada usia 12-30 tahun, serta pekan selebrasi vaksinasi massal, Jumat, 27 Agustus tepat pukul 09.00 WIT.

Kegiatan pekan selebrasi vaksinasi Massal akan menyasar pada anak-anak usia 12-17 tahun, ibu-ibu Hamil. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 27 Agustus hingga 2 September pada dua lokasi yaitu Tribun Lapangan Merdeka, dan Pattimura Park.

Aksi sosial secara internal dari Pemerintah Kota Ambon yang akan dilaksanakan di desa/keluaran. Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk malaksanakan kegiatan aksi sosial di lokasi mereka masing-masing dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yang berlangsung dari 28 Agustus sampai 2 September 2021.

Tak hanya itu, adapun inovasi daerah yakni pada tanggal 30 Agustus 2021 kita akan melaksanakan Launching penerima pajak daerah secara online. Kegiatan ini sebagai tinjak lanjut implementasi dari Pemkot Ambon PT Bank Indonesia, yang berdampak pada pembayaran PBB, dan hal lain yang dapat dilakukan masyarakat Kota Ambon bagi program mobile Banking PT. BNI yakni PT POS dan LinkAja.

“Tertanggal 30 Agustus masyarakat Kota Ambon dapat melaksanakan mobile banking PT. BNI, yang berlangsung di Balai Kota Ambon,” jelasnya.

Ia menambahkan, prosesi lomba puncak Hari Anak Nasional (HAN), kegiatan ini sebagai wujud perhatian Pemkot Ambon terhadap peran serta anak dalam pembangunan. Hal ini ditandai dengan telah terbentuknya forum anak Kota Ambon dengan berbagai aktivitasnya. Puncak peringatan HAN ini akan ditandai dengan pemberian hadiah bagi pemenang pemilihan duta anak Kota Ambon tahun 2021.

“Terkait dengan Kota Ambon sebagai Kota musik dunia akan dilaksanakan seminar internasional yaitu internasional virtual Confrens dengan tema musik ia life. Seminar ini akan menghadirkan pembicara-pembicara ternama dari luar negeri dan dalam negeri,” paparnya.

Selain itu, peserta yang sudah terdaftar dalam kegiatan seminar ini sekitar 200 orang. Seminar akan berlangsung pada tanggal 31 Agustus 2021 di ruangan Vllisingen, Balai Kota Ambon, dan direncanakan akan dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata RI.

Pada tanggal 1 September 2021, akan dilaksanakan pembelajaran secara online, yang menyasar para siswa Matematika dari kelas 4 dan 6 Sekolah Dasar.

“Aksi sosial akan dilaksanakan pada tanggal 2 Septer 2021, sebagai wujud dari peran serta para pejabat struktural dan ASN Pemkot Ambon yang ditujukan untuk membantu pedagang pasar, kuliner malam yang terdampak Covid-19. Kegiatan dilaksanakan dalam aksi belanja secara terakomodir dengan waktu dan lokasi yang telah ditetapkan oleh panitia,” tandasnya.

Lebih lanjut, ada doa pengucapan syukur atas kebaikan Tuhan bagi Kota Ambon, karena itu akan dilakukan doa bersama bagi penyelenggara Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon, pelaksanaan doa akan berlangsung pada 3 September 2021, yang mana Umat Muslim pada Pukul 08.00-11.00WIT, Kristen pukul 15.00-17.00WIT.

“Siarah rombongan akan dilaksanakan pada tanggal 6 September pukul 07.00 WIT di Kapaha, dan Rapat Pirupurna Istimewa di DPRD Kota Ambon pukul 10.00 WIT, ” tutupnya. (EVA)

Exit mobile version